Wisata Alam Jogja

Wisata alam Jogja yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang memiliki pemandangan alam yang masih alami dan belum tercemar oleh sampah. Jogja adalah salah satu kota yang menjadi tujuan banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Ada banyak sekali wisata alam Jogja sehingga kota ini tidak bosan untuk dinikmati. Selain wisata alam, Jogja juga terkenal dengan wisata budaya yang masih sangat dipegang kuat oleh masyarakat sekitar.

Jadi tidak heran jika banyak wisatwan luar negeri yang datang ke Jogja untuk melihat budaya yang masih terpelihara. Jogja sendiri terletak di bagian selatan pulau jawa yang dekat dengan pantai selatan. Letak ini membuat Jogja memiliki banyak sekali pantai yang sangat indah dan mempesona.

Wisata Alam Jogja

Selain itu ada juga wisata goa yang tak kalah menarik dengan pantai. Ada banyak sekali wisata alam Jogja yang bisa kita kunjungi. Berikut ini beberapa wisata alam tersebut :

1. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung (Foto: dakatour.com)

Wisata pertama yang bisa kita kunjungi adalah Pantai Watu Lumbung yang masih sangat jarang dikunjungi. Keunikan pantai di Jogja yang satu ini adalah hamparan tebing dan juga batu karang yang memiliki formasi unik dan menarik. Ada salah satu sisi yang menarik dari formasi batu karang ini hingga membentuk layaknya sebuah gerbang pintu masuk.

Pastinya pantai wisata alam Jogja ini sangat cocok bagi kita yang gemar foto karena memiliki nilai artistik yang tinggi.

2. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang (Foto: diasporaiqbal.blogspot.com)

Selain pantai kita juga bisa menikmati wisata alam Jogja berupa air terjun kedung kandang yang sangat indah dan memanjakan mata. Bagaimana tidak, air terjun yang satu ini berbeda dengan air terjun yang sering kita temui. Karena air terjun kedung kandang berpadu dengan hamparan sawah yang hijau segar yang menambah eksotisme air terjun ini.

Baca Juga  Tempat Wisata di Pasuruan

3. Taman Wisata Alam Kalibiru

Taman Wisata Alam Kalibiru
Taman Wisata Alam Kalibiru (Foto: http://jogjavacanza.com)

Wisata kalibiru juga memiliki sebuah taman yang sangat indah dan memanjakan mata kita. Taman wisata ini terletak di daerah Kulon Progo yang juga menjadi sebuah tujuan favorit bagi para wisatawan.

Bagaimana tidak, taman wisata alam Kalibiru ini memamerkan pemandangan indah dari atas bukit. Dan juga didukung dengan beragam fasilitas permainan seperti flying fox dan lain-lain. Selain itu dengan bermain flying fox, kita bisa melihat sebuah Waduk Sermo yang sangat indah jika dilihat dari atas.

4. Bukit Kosakora Gunung kidul

sunset bukit kosakora
sunset bukit kosakora (Foto: eksotisjogja.com)

Bukit kosakora terletak dekat dengan pantai Drini. Bukit ini memiliki tingginya sekitar 50M dari permukaan air laut. Meski bukit ini tidak terlalu tinggi, pemandangan yang dapat dilihat dari atas bukit sangat indah sehingga tidak sedikit wisatawan yang datang ketempat ini. Saat sunset pemandangan ditempat wisata alam Jogja ini lebih bagus dibandingkan saat di siang hari.

5. Pantai Ngetun Gunung kidul

Pantai Ngetun Gunung kidul
Pantai Ngetun Gunung kidul

Pantai Ngetun memiliki pair putih dan pantai ini masih sangat bersih karena masih sedikit wisatawan yang datang ketempat ini. Pantai indah ini terletak di dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, kabupatan Gunung kidul. Dibagian sisi pantai ini terdapat tebing yang terlihat sangat eksotis serta mempesona.

6. Cave Tubing Kalisuci Gunung kidul

Belize Cave Tubing
Belize Cave Tubing

Pengunjung yang datang ke wisata Goa Kalisuci dapat menikmati sungai yang terletak di bawah tanahm. Air sungai goa ini masih bersih sehingga tidak sedikit wisatawan yang datang ketempat ini. Goa Kalisuci terletak sekitar 60km dari Kota Yogyakarta dan membutuhkan sekitar 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan. Wisata ini terletak di Desa Pacarejo, Kec.Semanu, Kab.Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum
Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum merupakan tempat wisata yang terletak di Gunung kidul yang saat ini belum populer. Pantai ini memiliki keindahan pantai yang tidak kalah dengan pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya. Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini membuat wisatawan yang pernah berkunjung ingin kembali mengunjunginya.

Baca Juga  Kampung Warna Bobotsari

8. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari
Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari adalah salah satu objek wisata yang memiliki pemandangan perbukitan yang ada di Gunungkidul. Objek wisata ini memiliki panorama alam yang indah sehingga bagi pencita alam tentunya ingin datang berkunjung ketempat ini. Tempat wisata alam Jogja ini memiliki fasilitas yang cukup bagus sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dengan nyaman.

9. Goa Jomblang Gunung kidul

Goa Jomblang Gunung kidul
Goa Jomblang Gunung kidul

Goa Jomblang adalah Goa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Goa ini sangat menantang sehingga banyak yang tertarik untuk menaklukannya. Apabila anda datang ke tempat wisata alam Jogja ini anda harus berhati hati karena mendan yang dilalui tidak mudah.

10. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran tersusun oleh material vulkanik tua yang memiliki pemandangan alam yang sangat indahan. Secara geologi objek wisata ini merupakan salah satu tempat yang sangat unik dan memiliki nilai ilmiah tinggi. Di tempat wisata alam Jogja ini pengunjung dapat menikmati udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar.

11. Pantai Jogan Gunung kidul

Pantai Jogan Gunung kidul
Pantai Jogan Gunung kidul

Pantai Jogan Gunungkidul merupakan salah satu pantai yang belum terlalu terkenal sehingga keasliannya masih terjaga. Pantai ini memiliki air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing. Apabila anda berkunjung ke Gunungkidul tidak ada salahnya dapat mampir ke tempat ini.

12. Telaga Biru Semin Gunung kidul

telaga biru
telaga biru (Foto: faster86.com)

Telaga Biru ini terbentuk dari bekas galian tambang batu yang terletak di puncuk bukit Ngentak, Desa Candi Rejo, Kec.Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Bekas galian tambang batu ini terisi air dan memiliki warna biru sehingga dinamakan telaga biru. Di sekitar galian tambang ini terdapat bebatuan yang curam. Apabila anda datang ke wisata alam Jogja ini harus berhati hati.

13.Pantai Watu Kodok Gunung kidul

Pantai Watu Kodok Gunung kidul
Pantai Watu Kodok Gunung kidul (Foto: http://tirtagunungkidulbandhilngipik.blogspot.com/)

Pantai Watu Kodok memiliki keindahan alami karena belum banyak dijangkau oleh wisatawan. Nama yang dimiliki oleh pantai ini berasal dari batu karang yang menyerupai bentuk hewan kodok, dimana watu merupakan bahasa jawa yang artinya batu. Sedangkan dalam bahasa indonesia watu kodok adalah batu katak. Ikuti terus kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini tentang wisata.

Tinggalkan komentar