Tempat Wisata Di Brebes

tempat wisata di brebes
tempat wisata di brebes (Foto: https://www.instagram.com/explore_brebes/)

Tempat wisata di Brebes menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun luar daerah. Brebes adalah salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Tempat ini memiliki aneka ragam budaya, adat istiadat, dan juga keindahan alamnya. Dengan ragam budaya tersebut, membuat Indonesia kaya akan budaya daerah.

Brebes terkenal dengan bahasa daerahnya, yakni masih Bahasa Jawa, namun Jawa yang Ngapak. Ini dikarenakan Brebes berbatasan langsung dengan Cirebon Jawa Barat. Keindahan bahasanya itu sudah terkenal seantero Indonesia.

Tempat wisata di brebes yang bagus

Pada artikel sebelumnya kasihberita telah membahas tentang tempat wisata di bengkulu. Kali ini kami akan membahas tentang tempat wisata di brebes yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata sebelumnya.

1. Curug Putri atau Air Terjun Putri

Curug Putri
Curug Putri (Foto: https://www.instagram.com/curugputricarita/)

Tinggi dari air terjun ini memukau mata, dengan airnya yang bersih, segar, serta dingin dan memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Alamat lengkap air terjun ini adalah di Desa Mandala Kecamatan Sirampong.

Akses ke sana memang menantang, tetapi saat sudah sampai diare curug, rasa lelah saat perjalanan akan hilang, karena alam yang hijau di sekitar curug langsung menyala dengan hangat. Ditambah dengan keindahan tebing yang seolah-olah ada lukisan di permukaannya yang mengelilingi area curug.

2. Waduk Malahayu Brebes

Waduk Malahayu Brebes
Waduk Malahayu Brebes (Foto: https://www.instagram.com/eghojansu/)

Tempat wisata ini juga sekaligus digunakan sebagai sumber PLTA di Brebes. Waduk ini memiliki pesona tersendiri, sehingga pengunjung banyak yang menghabiskan waktu liburannya di sini. Terutama di sore hari, jumlah pengunjung akan semakin meningkat.

3. Agrowisata Besaran

Agrowisata Besaran
Agrowisata Besaran (Foto: https://www.instagram.com/bolang_brebes/)

Wisata ini masuk di kawasan wisata milik pabrik gula terbesar di Brebes yakni PG Jatibarang. Agrowisata dan PG ini sama-sama dikelola oleh PT Jatibarang Nusantara IX. Letak dari Agrowisata ini pun masih dalam lingkungan PG.

Letak dari agrowisata ini teaptnya berada di bekas rumah petugas ministur pabrik gula. Untuk itulah dinamakan agrowisata Besaran, karena diambil dari nama rumah ministur ini. Di dalam agrowistaa ini ada wahana ikan terapi, kolam tenang, berkeliling dengan kereta api, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Cipanas Buaran

Cipanas Buaran
Cipanas Buaran (Foto: http://dichiade.blogspot.com/)

Pemandian air panas ini terletak di Desa Pengebatan, kecamatan Bantarkawung. Udara sejuk di sekitar pemandian ini sangat sejuk, karena berada di sekitar pegunungan.

5. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan
Candi Pangkuan (Foto: http://malaspulang.co/)

Inilah salah satu tempat wisata di Brebes yang membawa keidentikan dari tempat wisata yang ada di jawa Tengah, yakni berupa candi. Di mana memang kebanyakan tempat wisata di Jawa Tengah adalah candi, seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang sangat terkenal.

Ternyata di Brebes juga ada candi Pangkuan yang terletak di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan. Candi ini masih terhitung baru, karena ditemukan di tahun 1965. Tidak ada cerita sejarah yang ada di candi ini, karena tidak ada peninggalan berupa prasasti atau kitab kunonya. Namun kehadiran candi ini membuat banyak orang suka mengunjungi candi ini.

Brebes tidak mau kalah dengan tempat-tempat yang ada di Jawa Tengah yang terkenal dengan destinasi wisata yang indah. Ini dibuktikan dengan banyak tempat wisata di Brebes yang sangat indah. Kegiatan liburan menjadi semakin menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here