Tempat Wisata di Banjarmasin

Tempat wisata di Banjarmasin mungkin masih belum banyak diketahui oleh masyarakat yang tinggal di luar wilayah Banjarmasin. Banjarmasin sangat dikenal dengan pasar terapungnya. Hal ini tak bisa lepas dari wilayah Banjarmasin yang wilayahnya dilalui oleh sungai-sungai besar maupun kecil. Tak heran jika sungai-sungai tersebut memiliki peran yang penting bagi kehidupan masyarakat Banjarmasin termasuk sebagai tempat wisata di Banjarmasin yang bagus.

Selain dikenal dengan pasar terapungnya, ternyata Banjarmasin memiliki banyak tempat wisata bagus dan menarik. Pastinya tempat wisata tersebut bisa menjadi destinasi liburan Anda saat berada di Banjarmasin. Tempat wisata di makassar juga tidak kalah menarik dengan objek wisata di Banjarmasin.

Referensi Tempat Wisata di Banjarmasin

Berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisata di Banjarmasin yang bagus dan wajib Anda kunjungi.

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung
Pasar Terapung (Foto: ksmtour.com)

Selain menjadi lokasi perekomonian masyarakat Banjarmasin, pasar terapung ternyata bisa menjadi lokasi wisata yang menarik. Bagi Anda yang berminat ingin berwisata ke pasar terapung bisa mengunjungi pasar terapung yang berada di muara Sungai Barito.

Di pasar ini berbagai jenis barang dan bahan makanan dijual mulai dari jam 5 pagi sampai 7 pagi. Keunikan yang ada pada pasar terapung ini dahulu masyarakat melakukan jual beli dengan sistem barter. Meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan uang tetapi masih ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan sistem barter.

2. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura (Foto: ksmtour.com)

Selain pasar terapung, tempat wisata di Banjarmasin yang juga berada di kawasan sungai yaitu taman siring sungai martapura. Tetapi tempat wisata ini letaknya berada di pinggir sungai sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan sungai beserta aktivitas masyarakat setempat. Tersedia bangku-bangku yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai di taman. Bahkan wisatawan juga diperbolehkan memancing tetapi harus membawa peralatan memancing sendiri.

Baca Juga  Pantai Di Blitar

3. Museum Wasaka

Museum Wasaka
Museum Wasaka (Foto: wisatadirektori.com)

Sebetulnya nama museum yang satu ini merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing. Keunikan yang dimiliki oleh museum ini terletak pada desain bangunannya yang berupa rumah adat Banjarmasin dengan bentuk panggung yang beratap tinggi. di dalam museum ini para pengunjung dapat menyaksikan beragam koleksi mesin ketik, foto, senjata dan seragam para pejuang melawan penjajah. Selain itu terdapat teks proklamasi yang dibuat pada 17 Mei 1949 sesuai dengan isi perjanjian Linggarjati.

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang
Pulau Kembang (Foto: indonesiakaya.com)

Tempat wisata yang satu ini terletak di tengah Sungai Barito dan merupakan sebuah pulau yang dihuni oleh monyet dan beragam jenis burung. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di pulau ini terdapat seekor monyet berukuran besar yang dianggap sebagai raja monyet.

Selain itu, pulau ini juga memiliki kuil dan altar yang dihiasi arca monyet putih atau hanoman. Biasanya altar tersebut menjadi tempat untuk meletakkan sesaji pada waktu tertentu oleh warga Tionghoa.

Daftar tempat wisata di Banjarmasin yang telah dijelaskan diatas bisa menjadi referensi dan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin berwisata di Banjarmasin. Tak hanya bisa menikmati pemandangan sungai-sungai besar, Banjarmasin menawarkan tempat wisata yang bagus serta memiliki cerita unik tersendiri. Ikuti kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini tentang wisata.

Tinggalkan komentar