Tempat Wisata di Bandung

Tempat Wisata di Bandung banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Bandung juga disebut sebagai Paris van Java, karena memiliki keindahan seperti kota paris yang ada di eropa. Bandung memiliki banyak sekali tempat hiburan alam yang sangat indah.

Terletak dikelilingi oleh pegunungan membuat kota bandung memiliki udara sejuk dan segar. Udara sejuk serta curah hujan yang cukup membuat kota ini terlihat asri dengan berbagai jenis pepohonan serta taman di seluruh penjuru kota Bandung. Kota ini juga juluki sebagai Kota Kembang karena banyaknya tumbuhan yang ada dikota ini.

Tempat Wisata Di Bandung Yang Bagus

Wilayah bandung memiliki ragam tempat wisata yang sangat banyak yang akan memberikan pengalaman berkesan bagi pengunjungnya. Untuk berkeliling di tempat wisata ini tentu tidak dapat diselesaikan dalam waktu sehari. Untuk mengetahui tempat wisata yang ada dibandung, berikut adalah objek wisata yang harus Anda kunjungi karena memiliki keunikan dan keindahan yang bagus:

1. Museum Geologi

Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung (Foto: Sebandung.com)
Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung (Foto: Sebandung.com)

Museum Geologi terletak di daerah Cibeunying Kaler, Bandung merupakan museum yang berdiri sejak tahun 1928. Tempat ini berada dekat Gedung Sate, agar dapat menuju tempat ini pengunjung dapat naik angkutan umum jurusan Cicaheum – Ledeng.

Tempat wisata di bandung ini memiliki beragam koleksi bebatuan serta replika manusia purbakala. Didalamnya juga terdapat diorama serta animasi yang menggambarkan bencana alam, sumber daya alam, serta cara untuk pengolahan energi yang ada bumi untuk dapat dimanfaatkan untuk kesejahtaraan manusia.

Biaya masuk ke Museum Geologi Bandung sangatlah murah dengan harga tiket Rp3.000 per orang anda dapat melihat isi dari museum ini. Untuk jam operasional mulai dari pukul 09:00 hingga 15:30 WIB untuk hari Senin hingga Jumat dan pukul 09:00 hingga 13:30 WIB untuk hari Sabtu dan Minggu, bagi anda yang akan berkunjung lebih baik datang diwaktu awal sehingga dapat melihat koleksi yang ada dengan leluasa.

2. Gedung Sate

Gedung Sate
Gedung Sate (Foto : bharatanews.id)

Terletak berdekatan dengan lapangan Gasibu ini menjadi salah satu ikon Kota Bandung. Gedung ini dimanfaatkan untuk kegiatan pemerintah Provinsi Jawa barat, atap gedung ini didesain menyerupai tusuk sate sehingga disebut gedung sate.

Kawasan ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan dan banyak pedagang yang berjualan. Pelataran yang ada hanya dibuka diwaktu-waktu tertentu dan dapat digunakan untuk berfoto karena memiliki keunikan tersendiri.

3. Bandros

Bandros
Bandros (Foto: infobandung.co.id)

Bandung Tour on Bus (Bandros) merupakan fasilitas yang disediakan oleh Kota Bandung untuk memudahkan pengunjung mencapai tempat wisata tujuan. Bus ini memiliki rute perjalanan utama di Jalan Aceh dan Bandung. Bus ini merupakan bus terbuka sehingga anda dapat melihat sekeliling kota saat menuju tujuan wisata yang akan dituju.

Keberangkatan dimulai di Jalan Aceh dan memiliki interval sesuai armada yang tersedia. Apabila anda menggunakan jasa transportasi ini, anda akan dipandu tentang hal-hal menarik yang ada di Bandung.

Biaya untuk perjalanan sebesar Rp25.000 per orang biaya yang cukup terjangku dengan fasilitas yang diberikan. Untuk dapat menggunakan jasa ini lebih baik datang pagi untuk mendapatkan tiket karena jumlah peminat Bandros cukup tinggi. Bandros beroperasi pada pukul 08:00 hingga 11:00 WIB pada hari kerja sedangkan akhir pekan dan hari libur pukul 08:00 hingga 14:00 WIB.

4. Taman Lansia

Taman Lansia
Taman Lansia (Foto : segalainfo.com)

Terletak dekat Gedung Sate, tempat wisata di bandung ini ramai saat di akhir pekan, sekitar taman  biasanya banyak yang menjual makanan khas Bandung, sehingga pengunjung yang berkunjung dapat membeli makanan ditempat tersebut. Taman ini memiliki pepohonan yang rimbun sehingga apabila berda didalamnya anda akan merasakan udara yang segar.

Dari nama tempat ini sudah dapat ditebak bahwa tempat ini diperuntukan untuk lanjut usia yang ada di Kota Bandung. Meski taman lansia, tempat ini dapat digunakan oleh siapa saja, baik remaja maupun anak-anak. Saat akhir pekan banyak yang datang untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan taman tersebut dan tidak ada biaya masuk ketaman ini.

Baca Juga  Tempat Romantis Di Jakarta

5. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk
Cihampelas Walk (Foto: manuelpastrana.blogspot.co.id)

Mal Cihampelas Walk merupakan salah satu mal yang memiliki fasilitas lengkap, diantaranya adalah kuliner, fashion, tempat bermain anak, bioskop dan juga hotel. Mal ini terletak di jalan Cihampelas dan sangat ramai dikunjungi terutama hari libur.

Memiliki lokasi strategis serta memiliki fasilitas yang lengkap, mal ini sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Memiliki alur stapak dan sedikit anak tangga, membuat mal ini sangat cocok bagi lansia maupun bayi yang menggunakan kerta roda.

Mal ini buka pada jam 10.00 – 22.00 WIB, untuk pintu masuk berada dibagian kiri jalan Chihampelas. Tempat wisata di bandung ini memiliki fasilitas lengkap bagi keluarga.

6. Curug Dago

Wisata Bandung Curug Dago
Wisata Bandung Curug Dago (Foto: pelancongbandung.net)

Tempat menarik di Bandung yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Curug Dago. Salah satu wisata alam di Bandung tepatnya Kecamatan Coblong Dago memberi tampilan alam sangat eksotis. Pesona air terjun Curug Dago bisa memberi kesan lebih alami sehingga banyak dijadikan objek wisata alam berkelas dunia. Curung ini merupakan salah satu tempat rekreasi di bandung yang menarik untuk di kunjungi karena mengandung nilai sejarah.

7. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha (Foto: langitselatan.com)

Tempat wisata di bandung selanjutnya adalah Observatorium Bosscha yang saat ini menjadi tempat pengamatan bintang berlokasi di Lembang. Namun untuk masuk ke tempat wisata ini Anda harus mendaftar dahulu tidak bisa langsung masuk tanpa mendaftar. Ditempat ini anda dapat melihat keadaan yang ada diluar angkasa seperti bulan dan juga bintang.

8. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater
Air Panas Ciater (Foto: tempatpariwisata.com)

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata alam di Bandung cobalah mengujungi Air Panas Ciater. Tempat wisata satu ini letaknya cukup jauh dari pusat kota Bandung yakni 30km. Sumber Air Panas Ciater memiliki keunikan dimana bentuknya berupa kawah aktif dari Gunung Tangkuban Perahu sehingga cocok untuk tempat relaksasi.

Harga tiket masuk pemandian air panas Ciater terjangkau bagi semua kalangan masyarakat cukup dengan membawa uang sebesar Rp 14.000 per orang. Untuk mendapatkan fasilitas kamar mandi harus mengeluarkan biaya lebih yaitu sebesar Rp 80.000,- per orang. Untuk kolam pemandian sederhana pengunjung harus membayar sebesar Rp 20.000,- Fasilitas yang ada di pemandian air panas ini antara lain adalah playground, outbond area, spa, masjid, hotel, restoran, tempat berolahraga dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Di Bandung Untuk Keluarga

Apabila anda ingin berlibur bersama keluarga tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi selain memiliki pemandangan yang bagus, tempat ini juga memiliki nilai edukasi bagi anak anda. Diantara adalah Bird and Bromelia Pavilion disini anak anda dapat mengenal berbagai jenis burung. Ada juga Saung Angklung Udjo, ditempat ini anak anda dapat mengenal berbagai seni daerah.

9. Bird and Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion
Bird and Bromelia Pavilion (Foto: staticflickr.com)

Jika anda sedang jalan-jalan di seputar Jalan Akaza Utama nomer 9, Dago Giri, pastikan untuk singgah di sebuah wisata di bandung yang sangat populer di masa kini. Sebuah tempat wisata yang menyajikan beragam jenis tanaman dan burung ini termasuk ke dalam destinasi wisata edukasi menarik. Sudah pastinya, anda bisa mengajak buah hati untuk mengunjungi tempat ini dalam rangka berwisata sekaligus mengenal dan lebih dekat dengan alam melalui beragam jenis tumbuhan serta burungnya seperti love bird, burung hantu dan masih banyak lainnya.

Tempat wisata di bandung ini sangat cocok untuk edukasi anak, anda bisa mengajak anak anda ketempat ini untuk melihat berbagai macam jenis burung. Tempat ini mengoleksi sekitar 300 jenis burung dari spesies yang berbeda dari penjuru Nusatntara. Dengan melihat langsung burung yang ada ditempat ini, anak anda akan mengenal burung tang ada di Nusantara. Burung yang ada antara laian adalah burung parkit, burung beo, burung kenari dan burung hantu. Selain melihat, pengunjung dapat memberi makan burung-burung tersebut.

Baca Juga  Objek Wisata di Bandung

10. Dago dream park

Dago dream park
Dago dream park (Foto: destinasibandung.co.id)

Wisata di bandung yang lainnya adalah Dago dream park. Sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Dago Giri Km 2.2 Kecamatan Lembang ini juga terbilang mulai viral di kalangan travelers. Pasalnya, tempat wisata di bandung ini anda bisa merasa lebih dekat dengan Kota Kembang ini. Hal ini dikarenakan oleh kentalnya ragam budaya Bali. Sunda dan juga Jawa. Bahkan, beragam bangunan etnik serta tidak ketinggalan 20 wahana permainan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan yang sedang berkunjung ke lokasi ini.

Salah satu wahana yang sangat diminati untuk berfoto di Dago dream park adalah permadani terbang. Wahana ini temasuk wahana baru karena dirilis pada Juni 2017. Dengan menaiki permadani di yang melayang tentunya akan merasakan sensasi yang berbeda. Dibawah permadani terbang terlihat pemandangan yang indah, karena itulah spot ini sangat diminati oleh pengunjung untuk berfoto. Selain tempat ini anda dapat mengunjungi wisata indah di bandung bersama keluarga anda.

11. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo Bandung (Foto: wisatatiga.com)
Saung Angklung Udjo Bandung (Foto: wisatatiga.com)

Tempat wisata di bandung ini juga menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi bersama dengan buah hati tercinta. Wisata budaya edukasi ini letaknya tak jauh dari Terminal Cicaheum. Anda bisa mampir terlebih dulu sebelum mengunjngi Puncak Bintang. Lokasi wisata Bandung yang satu ini pun searah dengan Puncak Bintang, kawasan Cartil, dan juga Bukit Moko.

Anda bisa menikmai sajian wisata budaya tradisional Sunda, bahkan lebih dari itu. Anda pun bisa berinteraksi secara langsung dengan sajian wisata budaya edukasi yang disediakan di sana. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan budaya tradisional khas Sunda untuk si kecil sebagai usaha menanamkan rasa cinta pada kearifan lokal yang patut dilestarikan.

Jika Anda ingin memaksimalkan wisata keluarga yang berkesan, maka Saung Angklung Udjo menjadi pilihan yang paling tepat. Anda bisa pergi ke sana bersama dengan keluarga untuk menghabiskan waktu luang bersama secara maksimal. Ukir momen liburan ini semaksimal mungkin demi menciptakan kesan tak terlupakan untuk wisata keluarga yang bisa dikenang.

12. Farm House Lembang

Farm House Lembang
Farm House Lembang Bandung (Foto: http://blog.reservasi.com)

Banyak sekali obyek wisata di Bandung menjadi destinasi wisatawan. Pertama adalah Farm House Lembang. Lembang memang memiliki tempat-tempat wisata yang menarik, terutama obyek wisata alam. Jika Anda ke Lembang maka jangan sampai melewatkan Farm House Lembang. Tempat wisata ini mengusung tema spot wisata ala Eropa. Disana, kita bisa melihat peternakan dan desa kurcaci seperti di film The Hobbit.

13. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Bandung Wisata Asyik Keluarga
The Lodge Maribaya Bandung Wisata Asyik Keluarga (Foto: ngetripyuk.id)

Obyek Wisata kedua yang tidak kalah populer adalah The Lodge Maribaya. Masih berlokasi di Lembang Bandung, tempat wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemAndangan hutam pinus. Selain pemAndangan yang indah, daya tarik obyek wisata ini adalah spot foto yang menarik. Disana kita bisa mencoba wahana menegangkan seperti zip bike, sky swing dan sky tree. Selain menikmati pemAndangan dan mencoba wahana, jangan lupa untuk mengabadikan gambar dengan berswafoto.

14. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung (Foto: wisatabandung.net)

Jika Anda dan keluarga menyukai tempat wisata indoor, maka upside down world Bandung pilihan tepat. Obyek wisata di Bandung  yang kekinian ini menyediakan spot foto dengan konsep ruangan terbalik. Konsep wisata ini memang sedang populer beberapa tahun terakhir. Ruangan yang disediakan juga sangat menarik. Sehingga sangat cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Tinggalkan komentar