Tata Surya

Tata surya merupakan susunan dari benda-benda langit yang mengelilingi matahari, salah satunya yaitu tempat dimana kita tinggal yaitu bumi. Biasanya hal ini sering kali kita jumpai dalam bangku sekolah mulai dari sd sampai perguruan tinggi, karena memang hal ini merupakan salah satu pengetahuan yang harus anda ketahui. Tapi hal itu tidak menutup kemungkinan masih banyak orang yang belum mengetahui susunan tata surya lengkap.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai susunan tata surya dan planet-planetnya. Jadi bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah, tidak perlu merasa bingung lagi ketika mendapat pertanyaan mengenai hal ini. Karena pada pembahasan ini kami akan mengulas habis mengenai hal ini. Untuk itu agar anda bisa memahami pembahasan yang akan kami sampaikan, maka anda perlu menyimaknya dengan baik.

Penjelasan Mengenai Tata Surya

1. Pengertian tata surya

Tata surya adalah salah satu bagian dari alam yang terbilang sangat luas. Dimana kebanyakan orang jawa menyebut ini berasal dari galaksi Bimasakti, ya memang hal ini hampir mirip dengan tokoh pewayangan bima sakti yang memiliki kulit hitam. Selain itu orang-orang menganggap bahwa bintang-bintang di langit yaitu seperi bimasakti yang sedang di lilit ular naga.

Sedangkan  sistem tata surya itu sendiri bisa di bilang tersusun dari beberapa bagian yaitu seperti matahari, 4 planet dalam, 4 planet luar, sabuk asteroid, dan pada bagian terluar terdapat sabuk kuiper. Dari delapan planet yang membentuk, hanya ada enam planet saja yang memiliki satelit alami ,sedangkan untuk merkurius dan venus tidak memiliki satelit alami.

2. Susunan tata surya alam semesta

Jika kita amati benar-benar, maka bumi bisa di bilang hanya sebuah bola kecil yang mengelilingi bola sangat besar atau lebih tepatnya yaitu matahari. Selain bumi masih terdapat beberapa planet yang mengelilingi matahari, yaitu seperti mars, merkurius, venus, jupiter, dll. Tapi tahukah anda jika selain planet masih ada objek lain yang mengelilingi matahari ?

Perlu anda ketahui, jika masih ada benda-benda langit yang mengelilingi matahari yaitu seperti satelit alami meteor, asteroid, dan komet. Objek-objek tersebut tersusun dan terbentuk menjadi satu kesatuan yang akan membuat sistem berjalan sangat teratur. Sehingga sangat jarang sekali kita jumpai terjadi tabrakan atau benturan antara planet satu dengan planet yang lainnya.

Baca Juga  Kata Kata Mutiara

3. Nama planet di tata surya

Saat ini tercatat ada delapan planet yang mengelilingi matahari. Berikut adalah urutan planet yang terjauh dari matahari yaitu neptunus, uranus, saturnus, yupiter, mars, bumi, venus, dan merkurius. Dimana nama planet tersebut sudah kami urutkan dari jarak yang paling jauh sampai jarak paling dekat dengan matahari. Dulu terdapat planet pluto, tapi karena planet ini memiliki lintasan orbit yang tidak bersih, maka nama planet ini sudah di hapus sekarang.

4. Pengelompokan planet di tata surya

Berbagai macam ilmuwan di dunia juga mengelompokan serta membagi delapan planet tersebut ke dalam beberapa kelompok. Berikut 3 macam susunan atau pengelompokan planet yang di lakukan oleh para ilmuwan di bidang astronomi :

Pengelompokan berdasarkan posisi planet yang di lihat dari tata surya bumi, dimana pengelompokan ini bisa di bagi menjadi dua yaitu planet interior dan superior. Planet interior sendiri merupakan planet yang terletak di dalam bumi, seperti merkurius dan venus. Sedangkan untuk planet superior yaitu planet yang terletak di luar bumi, yaitu seperti mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

Berdasarkan material penyusunnya, pertama planet terrestial yaitu planet yang memiliki ukuran kecill, berbatu, dan atmosfer yang tipis, seperti bumi, mars, merkurius, dan venus. Sedangkan yang kedua yaitu planet jovian atau planet yang memiliki permukaan yang di susun oleh cairan, gas, es tebal, dan ukurannya sendiri terbilang sangat besar seperti, uranus, neptunus, yupiter, dan saturnus.

Berdasarkan letaknya di lihat dari asteroid, dimana ada planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu planet yang berada di dalam orbit asteroid, seperti mars, bumi, venus, dan merkurius. Sedangkan untuk planet luar yaitu planet yang berada di luar orbit asteroid seperti neptunus, uranus, saturnus, dan yupiter.

5. Anggota tata surya alam semesta

Tata surya terdiri dari berbagai anggota, diantaranya adalah bintang, planet, satelit, asteroid, komet dan meteor. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai anggota tata surya yang ada di alam semesta.

Bintang merupakan salah satu anggota dari tata surya yang biasanya kita sering jumpai saat malam hari berupa cahaya sekerlip yang ada di langit. Dan salah satu bintang yang paling terkenal dan paling bisa kita rasakan dampaknya adalah matahari.

Dimana matahari sendiri merupakan salah satu jenis bintang yang memberi manfaat untuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Dimana matahari sendiri merupakan sumber cahaya dan panas yang di butuhkan makhluk hidup bumi. Baik itu untuk proses fotosintesis tumbuhan, atau untuk menghangatkan permukaan pada bumi.

Baca Juga  Massa Elektron

Selain itu matahari merupakan salah satu benda langit yang memiliki massa paling besar di bandingkan dengan jenis bintang lainnya. Dimana massa inilah yang mempengaruhi benda-benda langit bisa beredat pada lintasan tertentu. Dan yang menjadi pusat dari peredaran ini yaitu matahari.

Planet merupakan benda langit yang memiliki sifat berbeda dengan matahari, dimana planet itu sendiri tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Dan planet-planet inilah yang mengelilingi matahari, dengan massa serta gravitasi yang cukup membuat planet bisa membentuk sebuah struktur bulat, dan memiliki sebuah lintasan orbit yang bersih.

Satelit di bedakan menjadi dua bagian yaitu satelit alami dan satelit buatan, dimana untuk satelit alami yaitu benda langit yang bergerak mengelilingi matahari seperti venus dan merkurius. Sedangkan satelit buatan yaitu satelit yang di buat oleh manusia, sehingga untuk pergerakannya sendiri di tata surya sudah di atur. Contoh dari satelit buatan yaitu seperti , satelit komunikasi, satelit cuaca, dll.

Asteroid merupakan salah satu benda astronomi yang memiliki bentuk pecahan kecil dan hanya beredar pada lintasan ang terletan antara planet mars dan yupiter. Dimana untuk proses terbentuknya asteroid yaitu terjadi secara bersamaan dengan proses terbentuknya planet yang sudah sesuai dengan susunannya.

Komet merupakan salah satu benda langit yang memiliki ukuran begitu kecil, dimana material yang di gunakan untuk menyusun komet yaitu terdiri dari batu, es, dan gas. Banyak orang yang menyebut komet sebagai bintang berekor, karena memang benda ini memiliki sebuah cahaya yang terbentuk memanjang layaknya seperti ekor.

Meteor merupakan Benda langit yang memiliki pergerakan yang sangat cepat da tidak teratur, jadi sudah tidak di ragukan lagi jika benda ini sering kali kita jumpai terjatuh. Atau biasa kita sebut dengan bintang jatuh. Dimana meteor tersebut bergerak secara bebas di tata surya dan akhirnya tertarik oleh gravitasi yang ada di bumi.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai susunan tata surya lengkap dengan susunan serta anggota dari tata surya. Dengan adanya informasi kami, semoga bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan untuk anda.

Tinggalkan komentar