Taman Pintar

Taman Pintar – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai tempat dengan keindahan yang menakjubkan. Karena memang negara Indonesia sendiri di kenal dengan negara Kepulauan yang sangat luas sehingga sudah tidak di ragukan lagi. Salah satunya adalah taman pintar yang ada di Yogyakarta. Di tempat wisata ini anda akan mendapatkan beberapa pengetahuan selagi anda menikmati waktu liburan.

Taman pintar jogja menjadi salah satu rekomendasi tempat yang harus di kunjungi anak-anak karena dapat membantu dalam perkembangan kecerdasan anak. Di Jogja bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam salah satunya adalah taman wisata alam kalibiru. Untuk itu bagi anda yang penasaran mengenai taman pintar yogyakarta, anda perlu menyimak pembahasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Taman Pintar Di Jogja

Taman pintar dulunya merupakan bekas bangunan pusat perbelanjaan, baru pada tahun 2004 di lakukan relokasi area yang melalui beberapa tahapan pembangunan. Setelah melalui beberapa tahapan, akihrnya pada 16 Desember 2008 bangunan ini di resmikan langsung oleh presiden RI pada saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Target utama dari didirikannya bangunan ini yaitu untuk membantu serta mendukung progam pembelajaran yang ada di sekolah.

Sehingga akan sangat mengasah kreativitas generasi muda sejak dini, karena seperti yang kita ketahui saat ini Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara lain dalam bidang teknologi. Jadi dengan adanya bangunan ini di harapkan bisa membuat generasi muda lebih aktif lagi dalam mengembangkan teknologi, sehingga akan membuat negara tercinta kita bisa bersaing dalam bidang teknologi dengan negara-negara lain yang sudah maju.

Wahana bermain ini tidak hanya menyediakan berbagai macam permainan yang mendidik. Tapi akan membuat anak-anak menjadi lebih senang, karena anak-anak itu sendiri cenderung lebih suka hal-hal yang berbaur dengan permainan. Selain itu taman pintar yang ada yogyakarta bisa di nikamti oleh semua kalangan. Jadi dalam hal ini akan sangat membantu sekali dalam memperluas pengetahuan mereka mengenai dunia sains.

Selain itu di wahana ini juga di sediakan berbagai macam buku baik buku fiksi atau non fiksi, jika anda tidak bisa menemukan buku yang di inginkan di belakang lokasi taman pintar terdapat beberapa ruko yang menyediakan buku. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi tidak bisa menemukan buku yang di inginkan. Untuk itu bagi orangtua sangat di anjurkan sekali agar mengajak anaknya ke wahana ini, karena manfaat taman pintar yaitu bisa membantu pertumbuhan pada otak.

Baca Juga  Tempat Wisata di Garut

Lokasi dan alamat taman pintar

Wahana bermain sekaligus mendidik ini terletak di depan persis Bank Indonesia, atau berada di sebelah timur perempatan jalan Malioboro kurang lebih sekitar 200 m. Bagi anda yang masih bingung, berikut alamat lengkapnya yaitu di jalan Panembahan Senopati No.1-3 Yogyakarta. Untuk kontak yang bisa anda hubungi yaitu melalui telepon (0274) 58361, atau 583713. Anda bisa melalui Fax juga yaitu (0274) 583664. Silahkan anda yang mau ke taman pintar jogja kunjungi langsung alamat di atas.

Wahana di taman pintar

Di taman pintar sendiri terdapat beberapa gedung dengan wahana yang beragam, berikut 3 macam gedung utama yang ada di taman pintar lengkap dengan jenis wahananya.

1. Wahana pada gedung oval

Di gedung oval sendiri terdapat 12 macam jenis wahana yang bisa anda nikmati, yaitu sebagai berikut :

  • Zona kehidupan manusia purba
  • Zona teknologi komunikasi
  • Zona argo
  • Zona cuaca iklim dan gempa
  • Zona nuklir
  • Generator pedal
  • Aquarium air tawar
  • Pojok kreasi sains
  • ICT untuk melihat bumi
  • Terowongan ilusi
  • TV trainer
  • Dan Generator Van De Graaf

2. Wahana pada gedung kotak

Di gedung ini juga terdapat beberapa jenis wahana, dimana totalnya ada 10 jenis wahana sebagai berikut :

  • Zona air untuk kehidupan
  • Zona pengolahan susu
  • Zona pengolahan minyak gas dan bumi
  • Zona batik
  • Zona replika candi Borobudur
  • Zona koleksi tokoh wayang
  • Zona koleksi keris
  • Zona teknologi otomotif
  • Zona planning city
  • Dan zona peraga turbulensi.

3. Wahana pada gedung memorabilia

Pada gedung bagian taman pintar ini juga terdapat beberapa jenis wahana yang bisa anda nikmati. Berikut 3 macam wahana yang tujuannya untuk mengetahui dan mengenal sejarah :

  • Sejarah tokoh pendidikan
  • Sejarah Kesultanan Kraton
  • Dan sejarah kepustakaan kepresidenan.

Harga tiket serta jam buka taman pintar

Nah setelah anda mengetahui wahana yang ada di taman pintar, maka sekarang kami akan memberikan daftar harga tiket beserta dengan jam bukannya.

  • Untuk harga tiket masuk yang ada di taman pintar yaitu meliputi anak-anak Rp.10.000, sedangkan untuk orang dewasa yaitu Rp.18.000. Harga tersebut di berlakukan untuk non rombongan, selain itu harga tersebut belum termasuk tiket untuk menikmati permainan yang ada di dalamnya.
  • Jam buka taman pintar sendiri yaitu dari hari Selasa-Minggu, dan buka mulai dari jam 09.00 tutup jam 16.00 WIB. Khusus untuk hari senin libur, terkecuali dengan hari libur nasional.
Baca Juga  The Lodge Maribaya

Dan berikut beberapa daftar harga tiket taman pintar yang di berlakukan untuk wahana tertentu.

1. Gedung paud

Ini merupakan salah satu wahana yang di khususkan untuk anak-anak di usia 2-7 tahun, dimana di dalam wahana ini mereka akan di kenalkan dengan pengetahuan sains serta teknologi. Dalam memberikan pelajaran pihak taman pintar juga tidak meninggalkan konsep bermain. Selain itu gedung ini akan di pandu oleh orang yang memahami sifat anak-anak dan komunikatif tentunya. Untuk harga tiket gedung paud yaitu Rp.3.000 per anak.

2. Wahana bahari

Ini merupakan salah satu wahana yang ada di taman pintar, fungsi dari wahana ini yaitu memberikan berbagai macam informasi mengenai dunia kelautan indonesia. Karena seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara kepulauaan, jadi dengan adanya wahana ini anda bisa mengambil ilmu untuk pemanfaatan laut. Untuk masuk ke dalam wahana ini, anda harus membayar sebesar Rp.4.000 per orang.

3. Planetarium

Ini merupakan wahan yang menyediakan pengetahuan mengenai dunia antariksa. Dimana anda akan di sajikan layar seperti di bisokop, sehingga akan sangat jelas sekali berbagai macam benda langit yang kita lihat. Biasanya untuk posisi duduk anda akan sedikit lebih miring, hal ini di tujukan untuk menambah sensasi anda ketika berada di luar angkasa. Bagi anda yang ingin menikmati wahana, maka anda harus membayar sebesar Rp.15.000 per orang.

4. Wahana teater 3D

Untuk harga wahana ini di bedakan menjadi 3 jenis yaitu umum, pelajar, dan rombongan. Dimana untuk harga umum yaitu Rp.20.000 per orang, dan untuk harga pelajar yaitu Rp.15.000 per orang, sedangkan untuk rombongan minimal 20 orang yaitu Rp.15.000.

Nah itulah beberapa informasi mengenai wahana bermain sekaligus mendidik yaitu taman pintar Yogyakarta. jadi dalam hal ini sangat penting sekali untuk orang tua mengajak anak mereka sejak dini berkunjung ke taman pintar agar menambah ilmu pengetahuan mereka. Kunjungi kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar