Syarat Bayar Pajak Motor

Syarat Bayar Pajak Motor sebenarnya tidak terlalu banyak. Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor diwajibakan oleh pemerintah Indonesia untuk membayar pajak tahunan dan lima tahunan. Uang hasil pajak digunakan oleh pemerintah untuk pembangunan jalan serta perawatan jalan, oleh karena itu bagi pemilik kendaraan bermotor sebaiknya membayar pajak tepat waktu karena apabila telat dikenakan denda. Untuk menghitung denda pajak motor dapat dilakukan sendiri dan caranya sangat mudah.

Pembayaran pajak dapat dilakukan secara online maupun datang langsung ke loket pembayran pajak bermotor. Untuk pembayaran online dapat dilakukan didaerah tertentu saja seperti di kota besar jakarta. Proses pembayaran pajak tergantung dengan antian, biasanya pembayaran cukup singkat kurang dari 1 jam sudah selesai. Untuk pembayaran satu tahunan dan lima tahunan memiliki sayarat yang berbeda.

Berikut ini adalah syarat untuk pembayran pajak tahunan dan lima tahunan, untuk lima tahunan persayaratannya hampir sama dengan satu tahunan tetapi untuk lima tahunan ditambah sedikit persayratannya.

Syarat bayar pajak motor

Apabila datang ke kantor samsat di daerah anda jangan lupa membawa persyaratan untuk melakukan pembayaran pajak 1 tahunan, adapun yang harus dibawa oleh anda saat berkunjung ke kantor samsat adalah:

  • STNK asli
  • KTP asli yang masih berlaku sesuai nama di STNK dan BPKP.
  • Menyiapkan Sejumlah uang.

Setelah persyaratan lengkap, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran di kantor samsat, samsat keliling atau di samsat corner.

Pembayaran pajak lima tahunan anda akan ganti plat nomor dan juga STNK, dan tidak bisa dilakukan di samsat keliking, anda harus ke kantor samsat. Karena akan dilakukan cek fisik, berikut persayratannya:

  • Membawa STNK dan BPKB asli serta fotokopiannya.
  • KTP asli dan fotokopiannya
  • Melakukan cek fisik kendaraan.
  • Menyiapkan sejumlah uang.
Baca Juga  Alamat Kantor Uber Jakarta

Setelah selesai tinggal melakukan pembayran diloket sesuai dengan slip pembayran yang tercantum di slip tersebut. Setetalah selesai melakukan pembayran, anda akan memperoleh tanda lunas pajak STNK, bukti tersebut digunakan untuk pengambilan STNK. Sedangkan untuk BPKB biasanya menyusul, apabila mengganti BPKB dapat berlangsung lama.

Biaya bayar pajak motor

Biaya pajak tahunan STNK dapat dilihat di STNK anda, sedangkan untuk biaya pengesahan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000,00 untuk sepeda motor dan sedangkan untuk mobil dan juga truck sebesar Rp 50.000,00

Apabila menganti STNK lima tahunan, akan dikenakan biaya tambahan Rp 100.000,00 untuk motor sedangkan untuk dan Mobil dan juga truck sebesar Rp 200.000,00. Selain biaya tambahan tersebut anda juga akan dikenakan biaya cetak Plat nomor, untuk sepeda motor Rp 60.000,00 sedangkan mobil dan truck sebasar Rp 200.000,00. Sedangkan untuk mengganti BPKB lama Sebesar Rp 225.000,00 sedangkan untuk mobil dan juga trcuk sebasar Rp 375.000,00.

Itulah syarat bayar pajak motor, mobil dan juga truck. Untuk pembayaran sangat udah dan dapat dilakukan di kantor samsat untuk pajak lima tahunan sedangkan untuk tahunan dapat dilakukan di samsat keliling dan juga samsat corner.

Cara bayar pajak Motor

Mengambil nomor antrian kemudian menyiapkan dokumen untuk membayar pajak tahunan maupun lima tahunan. Untuk pajak 1 tahun tidak memerlukan dokumen cek fisik kendaraan sedangkan untuk lima tahunan anda harus menyaipkannya terlebih dahulu. Setelah semua syaratnya lengkap tinggal menunggu panggilan untuk melakukan pembayaran, setelah melakukan pembayaran anda menunggu dipanggil untuk menerima STNK yang baru. Ikuti terus kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini.

Tinggalkan komentar