Struktur Sosial

Struktur sosial adalah hubungan antar individu yang ada di dalam suatu masyarakat yang membentuk suatu nilai, norma dan peratuaran yang berlaku di suatu masyarakat untuk kepentingan bersama.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai struktur sosial berikut akan dijelaskan secara umum dan dijelaskan menurut ahli sehingga anda akan dapat lebih mudah memahaminya. Apabila materi ini sudah anda kuasai anda dapat melanjutkan materi selanjutnya.

Pengertian Struktur Sosial

Secara umum struktur dapat diartikan susunan maupun bentuk. Struktur ini tidak harus berbentuk fisik. Menurut ilmu sosiologi, struktur sosial adalah tatanan atau susunan sosial berbentuk kelompok sosial yang ada disuatu masyarakat. Sedangkan menurut ahli sosiologi, seperti berikut ini:

1. George Simmel : Kumpulan individu serta pola perilakunya. Yang dimaksud individu dengan kumpulan adalah orang yang berjumlah lebih dari satu.

2. George C. Homans : Hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari. Yang dimaksud dengan perilaku sosial dasar adalah perilaku yang biasa dilakukan sehari hari seperti berkomunikasi dengan teman.

3. William Kornblum : Susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu. Yang dimaksud dengan pengulangan pola adalah perilaku yang diulang kembali seperti perayaan ulang tahun.

4. Soerjono Soekanto – Hubungan timbal balik antara posisi-posisi dan peranan-peranan sosial. Yang dimaksud dengan timbal balik adalah adanya sikap saling membantu, seperti dalam tolong menolong sesama yang sedang kesuliatan contohnya menjenguk orang sakit.

Bentuk Struktur Sosial

Bentuk struktur sosial berupa stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial. Berikut adalah ulasan selangkapnya.

1. Stratifikasi Sosial : Struktur sosial yang ada di dalam suatu masyarakat terbentuk karena adanya unsur sosial seperti melakukan interaksi antar individu yang ada didalam masyarakat dalam waktu lama. Dari interaksi tersebut terbentuk tatanan kehidupan secara menyeluruh disegala aspek kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga  Kata kata Bijak

2. Diferensiasi Sosial : Menurut Soerjono Soekanto, diferensiasi sosial merupakan penggolongan masyarakat atas perbedaan-perbedaan tertentu yang biasanya sama atau sejajar. Sedangkan untuk jenisnya adalah sebagai berikut: diferensiasi ras, diferensiasi suku bangsa, diferensiasi klen, siferensiasi agama, diferensiasi profesi dan diferensiasi jenis kelamin.

Ciri-ciri Struktur Sosial

Dalam hal ini ciri ciri struktur sosial dapat dikelompokan menjadi dua yaitu yang ada dalam suatu kelompok masyarakat dan yang berkaitan dengan kebudayaan masyarakat.

1. Terdapat pada suatu kelompok masyarakat : Struktur sosial hanya ada pada individu yang memiliki status serta peran dan hanya dapat dilihat saat mereka di dalam suatu kelompok masyarakat. Sistem sosial memiliki macam status dan peran yang berbeda-beda.

2. Berkaitan dengan kebudayaan masyarakat : Kebudayaan terbentuk dari suatu kelompok masyarakat dimana kebudayaan tersebut memiliki struktur sendiri. Indonesia yang kaya akan kebudayaan daerah tidak menjadi masalah antar kelompok karena Indonesia mengamalkan bhineka tungal ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu.

Fungsi Struktur Sosial

Adapun fungsinya dapat dibagi menjadi beberapa macam, berikut adalah beberapa fungsi struktur sosial:

1. Fungsi Identitas : Memiliki fungsi sebagai penegas identitas yang ada di sebuah kelompok masyarakat. Diamana kelompok tersbemut memiliki kesamaan antar individu didalamnya seperti latar belakang, sosial, ras, dan juga budaya.

2. Fungsi Kontrol : Berfungsi untuk mengontrol individu agar tidak melanggar norma, nilai, maupun peraturan yang telah berlaku dimasyarakat. Dengan adanya fungsi ini, individu yang akan melanggar akan berfikir ulang apabila akan melanggar norma yang ada di masyarakat sebab apabila melanggar norma yang berlaku, individu tersebut akan dikenakan hukuman.

3. Fungsi Pembelajaran : Dengan adanya fungsi pembelajaran, individu dapat mempelajari struktur sosial yang berlaku di suatu masyarakatnya. Banyak yang dapat dipelajari dari fungsi ini seperti sikap, kepercayaan, kebiasaan dan kedisplinan.

Baca Juga  Tujuan Rekreasi

Selain materi tentang struktur sosial, ada juga materi lainnya yang dapat anda pelajari seperti interaksi sosial dan Perubahan Sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, jangan lupa share, like dan berikan komentar anda tentang artikel ini. Terimkasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar