Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi sangat penting dalam penerapan bisnis di kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari prinsip ekonomi pelaku ekonomi jadi lebih mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak dilakukan agar usahanya dapat berkembang dengan baik.

Didalam kehidupan sehari-hari kita telah sadar jika guna memenuhi kebutuhan kita sehari-hari banyak sekali yang wajib dipenuhi. Guna memenuhi seluruh kebutuhan tersebut butuh prinsip didalam memenuhi kebutuhan supaya bisa terpenuhi kebutuhan didalam sehari-hari. Prinsip tersebut diberi nama dengan prinsip ekonomi. Untuk lebih jelas lagi, simaklah ulasan-ulasan yang terdapat dibawah ini.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah suatu usaha guna mendapatkan sebuah hasil tertentu dengan melakukan pengorbanan yang seminim/sekecil mungkin. Selain hal itu, prinsip ini juga dapat diartikan dengan sebuah tindakan dalam rangka guna mendapat kebutuhan tertentu dengan biaya yang sekecil atau seminim mungkin.

Prinsip ekonomi ini ditunjukkan agar pelaku ekonomi dapat mencapai keefektifan beserta dengan keefesienan tinggi guna memenuhi kebutuhan ekonominya.

Tujuan Prinsip Ekonomi

Adapun dalam melakukan prinsip ekonomi tentunya karena ingin mencapai sebuah tujuan. Ada beberapa contoh tujuan yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah adanya pemborosan dalam konsumsi

2. Meminimalkan terjadinya sebuah kerugian akibat dari suatu kesalahan-kesalahan tertentu

3. Mendapatkan sebuah keuntungan sebesar mungkin

4. Mempergunakan kemampuan dan juga modal yang dipunyai

Ciri-ciri Prinsip Ekonomi

Setiap prinsip memiliki ciri khusus, begitupula dengan prinsip ekonomi. Bagi Anda yang ingin menerapkannya maka harus lebih dulu paham bagaimana cirinya untuk kemudian dipraktekkan. Berikut ini ciri dari seorang yang telah menggunakannya:

1. Bertindak rasional – Maksudnya ialah, seseorang yang melakukan sebuah kegiatan/tindakan ekonomi kerap berfikir dengan menggunakan akal sehat. Bukan berdasarkan dengan hawa nafsu ataupun emosinya. Sebagai contoh apabila membelu suatu barang harus berpikir terlebih dahulu apakah barang tersebut bermanfaat bagi dirinya atau tidak, apabila tidak maka tidak membelinya.

2. Bertindak ekonomis – Maksudnya ialah, seseorang yang melakukan sebuah kegiatan ekonomi dengan semua perencanaan yang matang dan juga dengan sebuah perhitungan yang sangat cermat. Hal ini diterapkan dalam membangun usaha dengan memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan dalam menjalankan bisnisnya.

Baca Juga  Alat Musik Tradisional Indonesia

3. Bertindak hemat – maksudnya ialah, seseorang melakukan sebuah kegiatan ekonomi dapat menghindari hal-hal yang dikatakan sebagai sebuah pemborosan dengan membeli sesuatu kebutuhan yang sesuai dengan apa yang dirinya butuhkan. Sebagai contoh apabila sesorang sudah memiliki kendaraan yang masih dapat digunakan tidak membeli kendaraan yang baru yang sedang populer saat ini.

4. Membuat skala prioritas – maksudnya disini seseorang memenuhi seluruh kebutuhan yang ada dengan membuat sebuah urutan-urutan dari kebutuhan yang berdasarkan dari tingkat kepentingan dirinya dari yang paling tidak mendesak hingga yang paling diperlukan atau mendesak sekali.

5. Bertindak menggunakan sebuah prinsip cost and benefit – Jadi, disini seseorang didalam melakukan sebuah tindakan atau sebuah kegiatan ekonomi selalu melakukan perhitungan biaya yang akan dikeluarkan dan juga manfaat yang akan dirinya terima dari sebuah kegiatan atau tindakan yang dia lakukannya tersebut.

Contoh Prinsip Ekonomi dalam keseharian

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai penerapan prinsip ekonomi, kegiatan apa saja yang berkaitan dengan hal tersebut ? berikut ulasan selengkapnya

1. Tiap-tiap orang menghadapi trade-off/tarik ulur РDalam seluruh hal, kita mengetahui jika ada harga yang harus dibayar guna mendapatkan sesuatu. Yang mana kita wajib mengorbankan sesuatu hal guna mendapatkan hal lainnya yang diinginkan. Ada beberapa hal yang pada biasanya dikorbankan guna mendapatkan sesuatu yakni uang, barang, ataupun kesempatan. Setiap orang akan menghadapi situasi tarik ulur atau trade-off, dan bahkan negara juga akan mengalami hal yang sama. Sebagai contohnya adalah jika kita melanjutkan tahap pendidikan ke jenjang-jenjang berikutnya  atau yang lebih tinggi maka kita wajib siap untuk mengorbankan kesempatan/waktu bermain ataupun bekerja kita.

2. Berpikir pada margin РKonsep ekonomi rasional adalah sebuah konsep dimana seseorang akan melakukan sesuatu hal yang paling baik guna mendapatkan tujuan yang dia inginkan dengan sebuah kesempatan yang ada. Sebagai contoh usaha rumahan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk berjualan di komplek yang tidak banyak pesaing dalam berdagang merupakan penerapan dari konsep ekonomi rasional. Margin adalah garis batas untuk sesuatu hal. Dengan ini konsep ekonomi rasional memiliki inti pada margin adalah sesuatu usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan pemikiran secara rasional didalam mendapatkan sesuatu hal dengan maksimal dan juga selalu melihat perubahan marginal.

Baca Juga  Dampak Global Warming

Contoh Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi merupakan prinsip dasar untuk mendapatkan barang dan jasa sebanyak mungkin dengan biaya produksi dan pengorbanan yang telah ditentukan sebelumnya. Agar dapat dipahami lebih lanjut berikut beberapa contohnya.

1. Tempat usaha dibangun berada disekitar bahan baku dan tenaga kerja

2. Memilih tenaga terampil dalam memproduksi suatu barang

3. Menggunakan bahan yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan produk yang bagus

4. Menggunakan waktu seefisien mungkin dalam memproduksi suatu produk.

5. menggunakan teknologi terbaru sehingga dapat menghasilkan produk dalam jumlah banyak dan berkualitas.

5. Menjual barang dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat namun memiliki keunungan yang cukup tinggi.

Contoh Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi merupakan proses penyaluran barang dari hasil produksi ketangan konsumen secara langsung maupun melalui agen terlebih dahulu.

1. Dengan memberikan pelayanan terbaik

2. Menyalurkan barang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

3. Menggunakan transportasi yang terjangkau dalam mendistribusikannya

4. Membeli barang melalui produsen sehingga harga lebih terjangkau

5. Menjual barang yang sedang laku dipasaran

Contoh Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan aktifitas yang bertujuan untuk mendapatkan kepuasaan dari suatu barang atau jasa dengan mengeluarkan biaya tertentu.

1. Membeli suatu barang dengan kualitas terbaik

2. Membeli suatu barang dengan harga yang dapat dijangkau

3. Membuat daftar barang yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan

4. Menawar suatu barang atau jasa sebelum menggunakannya

5. Mengendalikan pengeluaran sesuai dengan penghasilan yang diperoleh

Jadi bagaimana? Sudah sedikit gamblang penjelasan terkait dengan prinsip ekonomi diatas? Semoga dari ulasan yang sedikit diatas bisa sedikit melegakan bagi Anda yang saat ini sedang ingin menerapkan dalam keseharian.

Tinggalkan komentar