Pengertian HAM

Pengertian HAM secara umum yaitu kekuasaan manusia yang dapat melakukan apapun. Sedangakan menurut ahli dapat berbeda pendapat mengenai pengertian HAM. Manusia bisa melakukan hal apapun sesuai dengan keinginannya. Kebebasan melakukan hal yang diinginkan merupakan hak asasi manusia (HAM). Hak asasi yang dimiliki oleh manusia tersebut dijunjung tinggi dan dihormati oleh manusia lainnya. Hak asasi dimiliki oleh manusia sejak lahir, mulai dari kecil hingga seterusnya. Setiap manusia harus terus memperjuangkan apa yang menjadi haknya agar mendapatkan kehidupan bebas dan lebih baik lagi.

HAM merupakan hak yang fundamental artinya tidak dapat dicabut dari dalam diri manusia. hal ini dikarenakan HAM telah menjadi bagian yang sangat melekat dalam tubuh manusia. Berbagai upaya apapun dalam mencabut HAM dalam diri manusia pasti tidak akan bisa dilakukan.

HAM memiliki ciri khusus bila dibandingkan dengan hak lainnya. Ciri tersebut yaitu HAM tidak dapat dihilangkan atau dicabut , tidak dapat dibagi-bagikan, sangat hakiki, dan memiliki sifat universal. Bila memahami ciri tersebut maka, HAM bisa dikatakan sebagai sesuatu yang sakral dan terus melekat pada setiap individu manusia.

Hak asasi manusia sendiri memiliki berbagai macam jenis, anda bisa melihat contoh HAM beserta pelanggarannya di lingkungan masyarakat. Meski HAM sudah dijunjung tinggi namun tetap saja adanya pelanggaran HAM. Baik pelanggaran sengaja maupun tidak disengaja. Semua informasi mengenai HAM bisa anda ketahui secara detail pada berikut ini.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Hak memiliki sifat pokok dan kuat sehingga setiap individu manusia memiliki HAM nya masing-masing sebagai anugerah dari sang maha pencipta. Banyak yang mengemukakan pengertian HAM, semuanya menyatakan berbagai pendapat masing-masing mengenai HAM. Semua pernyataan tentang HAM tersebut dari para ahli di seluruh dunia. Berikut ini merupakan pengertian HAM menurut para ahli.

1. Haar Tilar

Haar Tilar berpendapat bahwa pengertian HAM yaitu sebuah hak yang sudah menyatu dalam setiap individu sejak lahir. Bila hak yang seharus melekat dalam diri individu tersebut tidak ada maka, mereka tidak akan diperlakukan seperti manusia selama hidupnya.

2. R. Baehr

HAM merupakan hak dasar yang sifatnya penuh, selain itu hak tersebut juga sangat patuh. Setiap manusia harus memiliki hak tersebut tujuannya untuk melangsungkan perkembangan hidup agar lebih baik dalam dirinya sendiri.

3. John Loke

John Loke menyatakan bahwa HAM merupakan hak yang bersifat kodrat, artinya hak tersebut telah diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sejak mereka dilahirkan. Apapun yang terjadi pada manusia tersebut maka tidak akan terpisah dari kodratnya. Hakikatnya tidak dapat dipisahkan sehingga HAM bersifat suci.

Baca Juga  Kata kata Cinta

4. Mariam Budiarjo

Menurut Meriam Budiharjo pengertian HAM bersifat universal, maksudnya adalah hak diberikan kepada manusia dan dijunjung tinggi sejak dilahirkan di bumi tanpa mempersoalkan ras, suku, kelamin, budaya dan lain sebagainya.

5. Mahfuds M.D

HAM merupakan hak yang telah menyatu dan melekat pada manusia sejak lahir. Hak tersebut akan terus menemani setiap langkah kehidupan manusia, sampai pada akhirnya hak akan bersifat kodrati.

6. Oemar Seno Adji

Pernyataan Oemar Seno Adji mengenai pengertian HAM yaitu hak yang diberikan oleh sang maha pencipta kepada manusia, menyatu dalam pada setiap kedudukan manusia dimanapun mereka berada. Semua HAM yang diberikan tidak boleh dilanggar bahkan orang terdekat sekalipun.

Pengertian HAM dari pendapat para ahli sangat bervarian sekali. Pernyataan yang diungkapkan mengandung makna begitu dalam tentang bahasan HAM. Dari pengertian HAM menurut para ahli di atas maka, dapat disimpulkan bahwa HAM merupakan hak manusia yang melekat didalam diri individu, hak tersebut dari Allah yang mampu menentukan kedudukan dari manusia itu sendiri dan sifat hak yaitu kodrati.

Macam macam HAM

Untuk memahami lebih lanjut tentang HAM, Berikut ini adalah hak asasi manusia yang dapat digolongkan menjadi 6 macam.

1. Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi merupakan hak yang melekat pada kehidupan pribadi manusia. Berikut ini adalah beberapa contoh hak asasi pribadi.

  • Hak untuk bebas bergerak seperti bejalan dan lain sebagainnya.
  • Hak untuk bebasa menyampaikan pendapat dengan santun.
  • Hak untuk berorganisasi untuk kemajuan bangsa.
  • Hak untuk menjalankan agama masing masing.

2. Hak Asasi Politik

Hak asasi politik merupakan hak dalam berpolitik. Berikut ini adalah contoh dari hak asasi politik.

  • Hak untuk bebas memilih dan dipilih dalam pemilu.
  • Hak untuk bebas ikut dalam kegiatan pemerintahan seperti perayaan ulang tahun kemerdekaan.
  • Hak untuk mendirikan suatu partai politik.
  • Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi.

3. Hak Asasi Hukum

Hak asasi hukum merupakan suatu hak kesamaan kedudukan dalam hukum yang ada di pemerintahan. Berikut ini adalah contoh dari hak asasi hukum.

  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dimata hukum.
  • Hak untuk menjadi bagian dari pemerintah seperti menjadi PNS.
  • Hak untuk mendapat layanan yang sama seperti dalam pembuatan SIM.
  • Hak untuk mendapat perlindungan hukum yang sama.

4. Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi merupakan hak yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Berikut adalah contoh dari hak asasi ekonomi.

  • Hak untuk melakukan transaksi jual beli barang yang tidak melanggar hukum.
  • Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak usaha.
  • Hak untuk menyelenggarakan sewa-menyewa atau utang piutang.
  • Hak untuk mempunyai suatu barang.
  • Hak untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.
Baca Juga  Massa Elektron

5. Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan merupakan hak mendapatkan perlakuan sama pada hukum yang berlaku. Berikut adalah contoh dari hak asasi peradilan.

  • Hak untuk mendapatkan pembelaan hukum.
  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam penggeledahan, penahanan, penyelidikan serta penangkapan.

6. Hak Asasi Sosial Budaya

Hak asasi sosial budaya merupakan hak yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Berikut adalah contoh hak asasi sosial budaya.

  • Hak untuk bebas dalam menentukan dan mendapatkan pendidikan¬†sesuai dengan kemampuannya.
  • Hak untuk mendapatkan pengajaran yang sesuai dengan kemampuannya.
  • Hak untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Pengertian HAM dan Pelanggarannya

Bahasan mengenai pengertian HAM sangat membantu anda dalam memahami hal dasar tentang HAM. Dari pengertian di atas anda telah mengetahui beberapa hal mendasar seperti sifat HAM, asal HAM, dan memperlakukan HAM disetiap manusia. Sebenarnya HAM memudahkan untuk mengatur kehidupan manusia dimasyarakat, sayangnya banyak sekali yang melakukan pelanggaran HAM. Berikut ini pelanggaran HAM yang berada di masyarakat.

1. Penyiksaan

Pelanggaran HAM dalam bentuk penyiksaan biasanya dilakukan oleh manusia satu dengan lainnya. Perbuatan yang dikatakan sebuah penyiksaan yaitu bila menimbulkan luka dan rasa sakit mendalam dalam suatu individu tersebut. Bisa sakit jasmani maupun rohani, siapapun tidak boleh melakukan penyiksaan ini.

2. Diskriminasi

Diskriminasi adalah suatu tindakan pembatasan seperti pelecehan, pengucilan. Tindakan ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Biasanya diskriminasi terjadi karena adanya perbedaan agama, ras, suku, adat, budaya dan lainnya.

3. Penindasan

Penindasan terjadi dimana saja, bukti nyatanya yaitu hak seorang rakyat sekarang banyak dirampas oleh orang yang berlaku sewenang-wenangnya. Mereka sama sekali tidak memikirkan hak rakyat sehingga mengakibatkan beban penderitaan yang begitu mendalam.

4. Manipulatif

Manipulatif sering dilakukan, pasti anda sering melihat para penguasa melakukan cara apapun agar dapat menjadi seorang pemimpin. Mereka melakukan suap uang, pemberian hadiah, dan masih banyak lagi. Bentuk manipulatif tersebut tidak bisa dibiarkan karena dapat memberikan kemenangan yang kurang adil.

Pelanggaran HAM semakin merajalela di lingkungan masyarakat. Hal ini pasti dipengaruhi oleh kurang memahami pengertian HAM sehingga mereka tidak dapat menerapkan dalam kehidupannya. Bila dilihat-lihat pemahaman tentang pengertian HAM sangat penting sekali. Mulai sekarang harus memahami pengertian HAM. Bila ada orang yang tidak mengerti maka, tugas anda untuk mengajarkan kepada mereka agar bisa memahaminya supaya tidak ada pelanggaran.

Tinggalkan komentar