Pengertian Atom

Pengertian atom jika ditinjau dari segi bahasa, atom berasal dari bahasa Yunani. Dahulu telah disebutkan oleh para ilmuwan Yunani Kuno bahwa atom terdiri dari dua suku kata yakni “a” berarti tidak, kemudian “tomos” berarti terbagi. Maka atom (atomos) merupakan sesuatu bentuk maupun hal yang tidak dapat terbagi lagi.

Sedangkan secara istilah, atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi. Dengan kata lain, atom merupakan suatu unit dasar (materi paling kecil) dari segala sesuatu materi yang ada di bumi dan terdiri dari inti atom.

Pengertian atom

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian atom yang dikemukakan oleh beberapa ahli kimia, diantaranya sebagai berikut:

1. Leucipus dan Democritus

Keduanya telah mengemukakan pengertian atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian tertentu. Atom juga merupakan penyusun segala materi yang ada di bumi.

2. John Dalton

John Dalton mengungkapkan pemikirannya mengenai pengertian atom bahwa atom adalah partikel terkecil daripada suatu zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi partikel yang lebih kecil melalui reaksi kimia biasa.

3. Joseph John Thompson

Thompson memiliki pendapat tentang pengertian atom yakni atom ialah sebuah bola yang bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron seperti roti kismis.

4. Ernest Rutherfood

Ernest mengatakan bahwa pengertian atom adalah partikel yang terdiri dari neutron dan proton serta dikelilingi oleh elektron.

Sejarah yang telah tercatat bahwasanya penemuan atom adalah berawal ketika Dalton menemukan ide tentang teori atom tahun 1803 dan kemudian muncul penelitian-penelitian yang mendukung teorinya dari beberapa ahli kima yang lain, seperti dari Michael Faraday dan J. Plucker. Setelah John Dalton kemudian lahir penemuan-penemuan dari E. Goldstein, G.J. Stoney, Wilheme Rontgen, Rutherfood, juga James Chadwik.

Baca Juga  Dampak Global Warming

Semakin berkembangnya waktu, penemuan atom serta teorinya mengalami perkembangan. Namun, yang paling terkenal dan populer adalah teori Dalton yang sampai sekarang masih digunakan sebagai rujukan para ilmuwan. Banyak hal yang dapat dipelajari dari atom, mulai dari inti atom, menghitung massa elektron dan lain sebagainya. Demikian gambaran singkat tentang atom menurut para ahli.

Tinggalkan komentar