Museum Sangiran

Museum sangiran adalah museum yang menyediakan informasi tentang kehidupan purbakala. Museum ini terletak di Solo tepatnya di desa Krikilan Kalijambe. Di tempat ini anda dapat mengetahui kehidupan pada saat itu.

Koleksi yang dimiliki museum sangiran cukup lengkap seperti fosil manusia purba meganthropus palaeojavanicus, pithecantropus erectus dan ada fosil binatang. Wisata edukasi ini sangat cocok dijadikan destinasi untuk sekolah yang iningn mempelajari kehidupan purbakala.

Sejarah Museum Sangiran

Sebelum didirikan museum, sebelumnya kawasan wisata ini merupakan cagar budaya oleh pemerintah Indonesia pada tahuan 1977. Di tahun 1989 museum baru dibangun pertamakali dengan bangunan yang sederhana dan terus diperbaiki dan direnovasi sampai saat ini.

Dengan pembangunan yang cepat, genarasi sekarang dapat memetik hasilnya yaitu dengan mudah mempelajari kehidupan purbakala waktu itu. Diharapkan pengunjung yang datang ke museum sangiran dapat memperoleh ilmu dan juga menjaga kebersihan wisata edukasi ini.

Tujuan Didirikan Museum Sangiran

Dengan adanya museum sangiran ini diharapkan bagi pengunjung yang dapat mengetahui kehidupan purbakala sehingga menambah wawasan pengetahuan. Apabila dibandingkan dengan kehidupan saat itu tentuna kehidupan modern lebih mudah.
Pengunjung yang datang dapat melihat secara langsung fosil manusia, koleksi fosil hewan seperti kerbau (Bubalus palaeokarabau), badak (Rhinocerus sondaicus), harimau (Felis palaeojavanica), babi (Sus), rusa (Cervus), serta kuda nil (Hippopotamus) dan lain sebagainya.

Bagi pengunjung yang ingin membeli sovernir, wisata ini terdapat kios yang menyediakan berbagai macam souvenir yang bagus. Suovenir yang dijual diantaranya cincin, kalung, batu, gelang, dan masih banyak lagi.

Jam Buka dan Harga Tiket Museum Sangiran

Museum ini dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari selasa hingga hari minggu. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 5000. Sedangkan untuk tiket masuk wisatawan mancanegara dibandrol dengan harga yang lebih mahal yaitu sebesar Rp 11500. Hargatersebut tergolong terjangkau bagi wisatawan mancanegara karena pendapatan mereka lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan lokal

Baca Juga  Tempat Wisata di Aceh

Semoga informasi mengenai museum sangiran dapat bermanfaat bagi anda, apabila artikel ini bermanfaat silahkan share, like dan berikan komentar anda. Kunjungi kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar