Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung (Foto: Sebandung.com)

Museum geologi bandung merupakan salah satu wisata edukasi yang bagus untuk dikunjungi. Di Museum ini anda dapat mempelajari lebih banyak tentang geologi. Wisata edukasi Bandung menyajikan beragam peninggalan sejarah serta berbagai hal-hal yang memiliki nilai edukasi. Museum ini berada di jantung kota Bandung sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini cukup banyak dikunjungi oleh para pelajar yang ingin menambah wawasan. Seperti namanya, dalam Museum Geologi ini juga terdapat cerita mengenai proses terjadinya bumi dan berbagai fenomena alam yang terjadi di muka bumi. Dalam museum ini juga ditampilkan berbagai jenis batuan yang berasal dari Indonesia, fosil dan lain sebagainya.

Sejarah Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung didirikan berawal dari kegiatan penyelidikan Tambang dan Geologi oleh ahli geologi Eropa pada pertengahan abad 17. Penyelidikan dimulai saat terjadinya peristiwa revolusi industri di Negara Eropa pada abad 18.

Pemerintah Belanda yang saat itu masih menjajah bangsa Indonesia mengerti akan hal tersebut sehingga mereka harus bisa menguasai hasil tambang dan sumber daya di Indonesia yang melimpah.

Penelitian yang dilakukan tentu membutuhkan sebuah tempat untuk penyimpanan bahan tambang dan juga fosil, sehingga dibangun sebuah gedung untuk dapat menjalalankan penelitian tersebut yang diberi nama Geologisch Laboratorium yang saat ini dikenal dengan museum geologi bandung.

Lokasi Museum Geologi Bandung

Lokasi museum geologi Bandung terletak di JL Diponegoro nomor 57 – Bandung. Apabila dari Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan angkutan umum bisa ditempuh denga waktu sekitar 25 menit. Waktu yang dibutuhkan cukup singkat apabila tidak ada halangan seperti kemacetan.

Apabila anda dari Stasiun Kereta Api Bandung bisa ditempuh waktu sekitar 15 menit saja. Waktu tersebut lebih cepat dibandingkan dengan waktu sebelumnya yaitu dari bandara Husein Sastranegara.

Wisatawan dari luar bandung tentunya sangat mudah menemukan lokasi ini jika menggunakan jalur kereta api. Selain Mudah, transportasi menggunakan kereta lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat lainnya.

Jam Buka Museum Geologi Bandung

Apabila ingin berkunjung, anda dapat pergi ketempat wisata edukasi ini pada pukul 09.00 WIB. Agar tidak tela anda dapat berangkat lebih awal dari rumah. Oya untuk jam tutup cukup singkat yaitu hingga jam 15.30 WIB. Kalo dihitung dari jam buka hingga jam tutup, museum ini hanya buka 6 jam 30 menit saja. Pada hari sabtu dan minggu dibuka pada pukul 09.00 WIB hingga 13.30 WIB. Pada liburan dan weekend museum ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung

Tak perlu khawatir karena harga tiket masuk museum ini tergolong murah sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk menjadikan museum Geologi sebagai destinasi wisata edukasi Bandung yang bisa menambah wawasan buah hati. Tiket masuk museum berkisar Rp. 2000 untuk pelajar sedangkan untuk untuk wisata lokal Rp 3000. Apabila wisatawan asing dikenakan biaya yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp 10000. Harga tiket masih dibawah Rp 20.000 cukup murah bukan jika dibandingkan dengan wisata lainnya yang menjual tiketnya hingga Rp 20.000

Banyaknya informasi yang disajikan oleh museum Geologi menjadikan museum yang satu ini selalu ramai pengunjung terutama pada akhir pekan. Perlu Anda waspadai pada saat musim libur kawasan wisata ini pasti akan sangat padat pengunjung sehingga sebaiknya rencanakan dari jauh-jauh hari. Kunjungi kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

BAGIKAN
Berita sebelumyaCara Memanjangkan Rambut
Berita berikutnyaKata Kata Mutiara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here