Massa Elektron

Massa elektron bisa dihitung dengan menggunakan cara yang mudah. Tetapi sebelumnya Anda harus benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan elektron dan inti atom. Sebetulnya elektron merupakan partikel atom yang memiliki muatan negatif serta tidak memiliki komponen penyusun. Tetapi elektron memiliki massa dimana besarnya massa elektron tersebut diperkirakan sekitar 1/1836 dari massa proton.

Bagaimana Cara Mengetahui Massa Elektron?

Untuk menghitung secara lebih jelas berapa massa elektron sebelumnya seorang ahli kimia bernama J.J.Thomson yang juga dikenal dengan teori atomnya mengemukakan perhitungan massa dari elektron tetapi Thomson tidak dapat menentukan besarnya massa dari elektron secara tepat tetapi hanya bisa memperkirakan bahwa besarnya massa tersebut lebih kecil dibandingkan dengan massa atom.

Tetapi tak hanya sampai disitu saja, ternyata munculah percobaan dari Robert Milikan yang dilakukan pada tahun 1909. Dimana dalam percobaan tersebut Milikan menggunakan tetesan minyak yang sebelumnya telah disemprotkan hingga akhirnya jatuh pada celah pada pelat atas. Selanjutnya, tetesan minyak tersebut akhirnya memasuki ruang yang terdapat diantara 2 pelat logam yang sudah dipasang secara sejajar.

Selanjutnya dari percobaan tersebut dilakukan uji coba kembali dengan menyinari kedua pelat menggunakan sinar X dan meletakkan molekul gas pada diantara dua pelat sehingga gas yang terdapat pada kedua pelat tersebut akan melepaskan elektron. Kemudian elektron tersebut akan diikat oleh tetesan minyak.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Milikan tersebut dapat diketahui bahwa muatan tetesan minyak akan menghasilkan kelipatan bilangan bulat. Selanjutnya apabila muatan elektron tersebut sudah diketahui besarnya, nantinya massa dari elektron akan bisa terhitung. Untuk menghitung massa tersebut, Anda bisa memasukkan harga muatan elektron pada persamaan yang e/m yang sudah ditemukan oleh Thomson.

Baca Juga  Teori Atom

Untuk menghitung massa dari elektron Anda bisa menggunakan besarnya muatan elektron yaitu -1,6×10-19 C dari percobaan Milikan dibagi dengan persamaan e/m yaitu -1,76×10 8 C/g dari percobaan Thomson sehingga akan menghasilkan massa elektron sebesar m= 1,6×10-19 C : -1,76×10 8 C/g  = 9,10×10-28 gram atau 0,00054859 sma.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa untuk menghitung massa elektron sebetulnya sangatlah mudah dengan menggunakan persamaan dari percobaan Thomson dan Milikan. Perpaduan dua percobaan tersebut menghasilkan perhitungan massa dari elektron yang mudah dihitung sehingga dapat membuktikan bahwa elektron juga memiliki massa.

Tinggalkan komentar