Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat daun sirih merah sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional sudah terbukti ampuh, dimana salah satu pengobatan yang sudah populer yaitu untuk mengobati mimisan. Karena memang daun sirih merah telah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya pemanfaatan daun sirih sebagai bahan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan senyawa yang cukup banyak dalam daun sirih merah inilah yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat daun sirih merah, karena mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Untuk itu bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa saja manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, maka anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Obat Herbal Alami

Sebelumnya kasihberita.com telah membahas manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Kali ini kami akan membahas tentang khasiat dan manfaat sirih merah bagi kesehatan, nah berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi daun sirih merah.

1. Sebagai obat mimisan

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, jika pemnafaatan daun sirih yang sudah sangat populer yaitu untuk mengobati mimisan. Kandungan fenil popada dan terpen yang ada di dalam daun sirih merah akan membantu membuat darah yang keluar bisa berhenti. Cara menggunakannya juga cukup mudah, dimana anda tinggal menggulung 1 lembar daun sirih, lalu sumbatkan daun sirih tersebut kedalam hidung yang sedang mimisan.

2. Sebagai obat sariawan

Sariawan merupakan slaah satu jenis penyakit yang di sebabkan karena kekurangan cairan dalam mulut. Jika anda mengalami penyakit ini, maka kami sarankan agar anda mencoba menggunakan daun sirih merah sebagai obat sariawan. Karena memang daun sirih merah mengandung vitamin C dan zat antiseptik yang bisa melawan kuman penyebab sariawan. Anda tinggal mengunyah daun sirih kurang lebih selama 10 menit lalu buang. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

3. Sebagai obat luka bakar

Luka bakar adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya, dimana kalau hal ini tidak segera di atasi maka bisa menyebabkan infeksi pada tubuh. Dan ketika anda mengalami luka bakar, maka kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan vitamin dalam daun sirih merah akan sangat membantu untuk mengobati dan meredakan peradangan yang ada pada area luka bakar. Perlu diingat daun sirih merah hanya di manfaatkan untuk obat lukan ringan saja.

Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

4. Sebagai obat mata merah

Mata merah merupakan salah satu gejala yang di sebabkan karena kurang tidur, selain itu mata merah bisa di sebabkan karena polusi udara. Anda bisa mengatasi hal ini dengan daun sirih merah, karena memang manfaat daun sirih merah untuk mata sudah terbukti ampuh, dimana hal ini bisa dibuktikan dengan adanya kandungan senyawa alkaloid yang memiliki peran penting sebagai anti radang dan anti bakteri. Sehingga hal tersebut akan membantu meredakan mata merah akibat iritasi.

5. Sebagai obat gusi berdarah

Masalah lain pad mulut selain sariawan yaitu gusi berdarah, hal ini pada dasarnya bisa di sebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan gigi. Ketika anda mengalami hal ini, maka anda harus mengonsumsi daun sirih merah sebagai obat herbal alami. dimana di dalam daun sirih merah memiliki kandungan saponin, tanin, fosfor, dan mineral kalsium yang akan embantu meredakan peradangan pada saat gusi mengalami pendarahan.

6. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat daun sirih untuk wajah yaitu bisa mencegah munculnya jerawat. Dimana kandungan antioksidan yang cukup banyak dalam daun sirih merah akan memberikan nutrisi pada sel kulit wajah. Selain itu kandungan flavonoid dan vitaminnnya akan menggangti sel-sel rusak yang ada pada wajah akibat terkena polusi atau debu. Cara pemanfaatanya cukup mudah, dimana anda tinggal merebus 10 lembar daun sirih, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membilas wajah anda,

7. Sebagai obat sakit maag

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat daun sirih untuk maag, karena memang masih banyak orang yang belum paham mengenai kandungan daun sirih merah. Dalam hal ini kandungan terpennoid pada daun sirih merah berfungsi untuk mengobati sakit maag. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu anda tinggal meminum rebusan 7 lembar daun sirih merah dan konsumsi 3 kali sehari.

8. Sebagai obat asam urat

Manfaat daun sirih merah untuk asam urat, karena memang kandungan senyawa yang cukup banyak dalam daun sirih merah akan membantu meredakan nyeri otot dan meluruhkan kristal asam urat yang ada pada tubuh. Cara mengonsumsinya ukup mudah, dimana anda tinggal merebus 8 lembar daun sirih, lalu rebusan air rebusan daun sirih tersebut anda konsumsi selama 3 kali sehari.

Baca Juga  Manfaat Daun Afrika

9. Sebagai obat darah tinggi

Manfaat daun sirih merah untuk darah tinggi sudah terbukti ampuh, karena memang di dalam daun sirih mengandung minyak astiri dan fenol yang bisa menstabilkan tekanan darah. Untuk itu bagi anda yang mungkin memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka anda perlu mencoba cara ini sebagai obat darah tinggi. dimana anda tinggal mencampur rebusan daun sirih merah dengan madu, dan konsumsi hal ini 2 kali sehari.

10. Sebagai obat tumor

Tumor merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya untuk kesehatan, dimana penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian. Untuk itu bagi anda yang mungkin mengalami penyakit ini, maka anda pelru mencoba daun sirih merah sebagai obat herbal alami. kandungan senyawa antioksidabn, terpenoid, dan flavonoid yang ada dalam daun sirih merah akan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

11. Sebagai obat diabetes

Saat ini banyak sekali jenis makanan yang sangat berbahaya untuk kesehatan, dan pemilihan makanan yang tidak sehat akan menyebabkan berbabagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit diabetes, atau gula darah. Dimana untuk mengatasi penyakit ini anda bisa mengonsumsi rebusan daun sirih merah sebagai obat diabtes. Karena memang manfaat daun sirih merah untuk diabetes terbukti ampuh, kandungan terpernoid, klavicol, eugenol, pycene yang akan membantu kerja insulin dalam mengatur gula darah.

12. Mengatasi gejala keputihan

Manfaat daun sirih merah untuk wanita satu ini sudah terbukti ampuh dalam hal mengatasi keputihan. Dimana keputihan meruapakan salah satu jenis penyakit yang kerap kali dialami wanita. Kandungan yang ada di dalam daun sirih merah akan berperan sebagai antiseptik yang bisa mematikan bakteri candida penyebab keputihan. Anda tinggal merebus daun sirih merah, lalu air rebusan tersebut anda gunakan untuk membasuh dan membersihkan area kewanitaan anda.

Nah itulah beberapa manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal alami. banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari bahan alami, untuk itu mulai sekarang gunakan bahan herbal sebagai obat penyakit anda.

Tinggalkan komentar