Manfaat Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sangat banyak dan belum diketahui oleh masyarakat. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang ada di Indonesia yang dapat digunakan untuk kesehatan. Daun kemangi umumnya dijadikan sebagai lalapan. Karena memang daun kemangi memiliki aroma yang sangat khas dan berbeda dengan tanaman pada umumnya.

Hal inilah yang mungkin menyebabkan banyak orang kurang mengetahui manfaat daun kemangi. Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh. Untuk itu bagi anda yang suka dengan lalap atau pecel, dan menjadikan daun kemangi sebagai bumbu pelengkap dalam masakan anda. maka anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Sebelumnya kasihberita.com telah membahas manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Kali ini kami akan membahas tentang manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh yang harus anda ketahui.

Mencegah adanya kemandulan

Setiap pasangan suami istri tentunya sangat menginginkan untuk segera memiliki buah hati, karena memang keluarga kurang lengkap tanpa adanya buah hati. Banyak hal yang bisa menyebabkan pasangan suami istri tidak bisa memiliki buah hati, salah satunya adalah pasangan tersebut memiliki penyakit mandul. Dan untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengonsumsi daun kemangi, karena didalam daun kemangi terdapat kandungan zat arginin yang akan membantu sel sperma dalam tubuh menjadi subur dan menghindari terjadinya kemandulan.

Mengatasi kanker

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan selanjutnya yaitu mengatasi kanker, karena memang penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh, karena penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian. Ada banyak sekali hal yang bisa memicu penyakit kanker, dan ketika anda mengidap penyakit ini. maka anda bisa memanfaatkan daun kemangi sebagai ramuan atau obat herbal alami. karena memang di dalam daun kemangi mengandung banyak sekali antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel rusak dalam tubuh.

Melancarkan aliran darah

Aliran darah dalam tubuh merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita jaga, karena aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan dan memicu berbagai macam penyakit. Terutama yang sering terjadi adalah penyakit jantung, tentunya anda tidak menginginkan hal ini terjadi. Nah untuk itu anda perlu mengonsumsi daun kemangi, karena kandungan daun kemangi terutama magnesium didalamnya yang akan membantu pembuluh darah pada jantung menjadi rileks dan aliran darah bisa tetap lancar.

Baca Juga  Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, jika semua darah akan di pompa di dalam jantung. Dan alirah darah yang tidak lancar akan memicu terjadinya penyakit jantung yang bisa membahayakan kesehatan anda. Di dalam daun kemangi sendiri terdapat kandungan magnesium dan beta karoten yang akan membantu dalam menjaga jantung. Selain itu kandungan antioksidan dalam daun kemangi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kebersihan mulut kurang dijaga, mulut tergigit, kelainan pencernaan, dll. Biasanya yang terkena penyakit ini akan sangat susah dan malas untuk makan, karena menimbulkan rasa sakit pada mulut. Anda bisa mengatasinya dengan daun kemangi, dimana cara mengkonsumsi daun kemangi cukup mudah yaitu tinggal mengunyah daun kemagi kurang lebih selama 3 menit lalu kumur dengan air hangat.

Menghilangkan jerawat

Memiliki segudang aktivitas biasanya akan menyebabkan masalah pada wajah,seperti, jerawat, komedo, berminyak, dll. Dan masalah pada wajah akan membuat penampilan anda sangat terganggu, memang saat ini sudah banyak sekali alat kosmetik untuk mengobati masalah tersebut. Tapi kami sarankan agar anda menggunakan daun kemangi sebagai ramuan atau obat herbal penghilang jerawat. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi jerawat sudah terbukti ampuh, hal ini bisa dilihat dari kandungan zat anti bakteri dan anti jamur dalam daun kemangi.

Mengurangi bau keringat

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, jika daun kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki aroma sangat khas dan berbeda dengan tanaman lainnya. tapi dalam hal ini aroma daun kemangi merupakan aroma yang menyegarkan. Nah ketika anda memiliki banyak aktivitas yang mengharuskan anda mengeluarkan keringat banyak, maka kami sarankan agar anda mengonsumsi daun kemangi sebagai lalap atau lainnya. maka bisa di pastikan bau badan pada tubuh anda akan hilang dengan sendirinya.

Mencegah komedo

Komedo merupakan salah satu jenis masalah wajah yang kerap kali di alami oleh setiap orang dimana masalah ini bisa di sebabkan oleh banyak hal, seperti tidur malam, polusi, dll. Ketika anda mengalami masalah ini, kami sarankan agar anda mencoba daun kemangi sebagai solusinya. karena memang manfaat daun kemangi untuk perawatan wajah sudah terbukti efektif dan ampuh. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal menghaluskan daun kemangi, lalu jadikan daunn kemangi sebagai masker wajah.

Baca Juga  Manfaat Buah Pisang

Mencegah rambut rontok

Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh anda lupakan perawatannya yaitu rambut, dimana rambut yang lebat dan hitam akan membuat penampilan anda menjadi semakin menarik dan percaya diri menjadi lebih tinggi. anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai solusi dalam mencegah rambut rontok. Saat ini sudah banyak sekali jenis pasta yang terbuat dari daun kemangi untuk mengatasi masalah pada rambut. Ini merupakan salah satu manfaat daun kemangi untuk rambut yang harus anda coba terapkan.

Mencerahkan kulit kusam

Manfaat daun kemangi untuk wajah selanjutnya yaitu bisa mencerahkan kulit kusam. Dimana kulit kusam bisa di sebabkan karena banyak hal seperti polusi, memiliki aktivitas padat, dll. Jika anda menginginkan kulit yang cerah, maka anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai solusi terbaik. caranya yaitu dengan menghaluskan daun kemangi, lalu gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah. Lakukan cara ini secara rutin, anda bisa menambahkan madu didalamnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah sala satu jenis penyakit yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, karena tidak sedikit orang yang mengidap penyakit ini mengalami kematian. Untuk itu penting sekali bagi anda agar melakukan pencegahan di awal, anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai solusinya. karena memang di dalam daun kemangi memiliki sifat diuretik yang sangat baik utnuk proses detoksifikasi. Dan hal inilah yang berperan penting dalam mengurangi kadar asam urat pada darah, sehingg bisa mencegah terjadinya batu ginjal.

Banyak sekali manfaat daun kemangi yang bisa kita dapatkan. Jadi mulai sekarang kami sarankan agar anda mengutamakan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Karena seperti yang kita ketahui berbagai macam tanaman herbal memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Semoga pembahasan yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar