Inti Atom

Inti atom seringkali dianggap sulit untuk dipelajari khususnya bagi para pelajar yang baru saja mendengar istilah ini. Dirasa sulit karena banyak hal yang menjadikannya penyebab. Salah satunya adalah karena seseorang seperti pelajar masih begitu asing dengan apa itu atom.

Sedikit membahas tentang inti atau nukleus, yakni pusatnya atom. Susunan inti atom terdiri dari neutron dan proton. Jumlah banyaknya proton didalam inti disebut dengan nomor atom yang mana sekaligus menentukan elemen atom.

Apa Itu Inti Atom?

Inti atom memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran atom sendiri. Sementara itu, hampir sebagian besar disusun dari neutron dan proton dimana hampir bahkan sama sekali tak ada sumbangan dari elektron.

Jumlah banyaknya netron didalam suatu inti menjadi penentu isotop dari elemen itu. Sementara jumlah netron dan proton didalam inti saling berkaitan dan berhubungan. Umumnya, pada jumlah sama, didalam nukleus besar terdapat beberapa netron lebih. Nah, kedua jumlah itu tadi menentukan jenis nukleus.

Netron dan proton mempunyai masa hampir sama serta jumlah kedua masa itu disebut dengan nomor masa dimana beratnya hampir serupa dengan yang namanya masa atom dan setiap isotop mempunyai keunikan masa. Massanya elektron begitu kecil dan tak memberikan banyak sumbangan pada masa atom tersebut.

Bagaimana Cara Mudah Memahami Inti Atom?

Mungkin sedikit penjelasan tentang apa itu inti atom diatas belum memberikan banyak pemahaman bagi anda. Mungkin anda juga masih merasa sulit memahaminya. Oleh sebab itu, ayo kita bahas tentang bagaimana cara mudah untuk memahaminya. Inilah cara yang bisa anda coba:

Baca Juga  Gambar Kata Kata

1. Cari arti istilah yang masih asing

Jika menemukan istilah yang anda rasa masih asing segera cari artinya baik di kamus, di buku ataupun di internet.

2. Hafalkan dan pahami istilah-istilah asing terkait dengan atom

Akan lebih mudah mengerti dan memahami materi inti atom dan materi selanjutnya jika hafal dengan istilah-istilah yang asing tadi karena jika anda sudah hafal dan paham maka istilah-istilah itu tak lagi terasa asing.

3. Cari banyak referensi

Ini penting juga. Cari beberapa referensi dan pilih yang sekiranya paling mudah dipahami dan dipelajari.

4. Berguru pada ahlinya

Setelah 3 cara diatas, tambah dengan berguru pada ahlinya. Seorang guru akan membantu anda belajar tentang hal yang sulit dipelajari bahkan akan memberikan alternatif cara mudahnya

Itulah beberapa cara mudah untuk memahami inti atom. Merasa sulit dalam memahaminya? Coba cara-cara tadi.

Tinggalkan komentar