Interaksi Sosial

Interaksi Sosial
Interaksi Sosial (Foto: https://static1.squarespace.com/)

Interaksi Sosial – Menjalankan kehidupan memang tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa prosedur serta ketentuan yang kita harus taati terdapat suatu kawasan. Termasuk untuk melakukan suatu interaksi. Interaksi sosial adalah adanya hubungan berupa umpan balik antara masyarakat untuk melakukan suatu tindakan yang membantu. Semua tindakan yang berlaku digunakan untuk membantu semua pihak sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Pentingnya suatu interaksi sudah dipastikan untuk membuat hidup anda menjadi lebih nyaman. Simak selengkapnya mengenai interaksi sosial.

Manusia merupakan maskhluk sosial yang membutuhkan teman dalam menjalani kehidupan. Terlebih, bersosial sendiri sangatlah penting dalam kehidupan. Banyak sekali aktivitas yang akan terbantu dengan bersosial. Untuk memulai suatu kegiatan bersosial sendiri dapat dilakukan dengan tetangga sebelah a taupun teman. Tetapi, dalam interaksi sosial tidak sembarangan dapat dilakuan. Dibutuhkan berbagai macam hal yang digunakan untuk membantu melancarkannya. Berikut akan kami ulas lebih lengkapnya mengenai kehidupan dalam interaksi sosial dan jenisnya.

Faktor Dalam Malakukan Interaksi Sosial

Seperti yang sudah kami bahas, bahwa dalam melakukan interaksi sosial dibutuhkan beberapa hal termasuk dengan faktornya. Sebelumnya kami juga telah membahas tentang struktur sosial. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya:

1. Adanya motivasi

Motivasi merupakan proses dimana akan menjelaskan mengenai arah dan tujuan melakukannya dalam kehidupan. Mereka yang memiliki motiviasi berkualitas dapat memberikan gaya hidup yang baik. Seperti dengan tekun dan bekerja keras dalam mencpai sebuha tujuan. Motivasi sangat mempengaruhi proses berinteraksi agar berjalan sebagai mana mestinya.

2. Rasa empati

Setiap orang seharusnya memilikir asa ini dalam diri masing masing. Rasa empati yaitu suatu ketertarikan dalam seseorang secra emosional. Umunya, rasa ini akan berkaitan langsug dengan arah tujuannya. Secara tidak langsung, kita akan ikut merasakan apa yang dirasakan orang tersebut. Seperti umunya yaitu rasa sedih ketika teman mendapati sebah masalah serius.

3. Simpati

Rasa simpati sering timbul di setiap tubuh manusia. Proses interaksi sosial simpati sendiri tidaklah rumit. Rasa simpati tetap membantu dalam sessam hanya saja tidak memiliki hubungan secara langsung. Hal ini tentunya berbeda dengan empati. Rasa ini kerap kali muncul setiap saat anda berinteaksi dengan beberapa orang.

4. Faktor sugesti

Pengaruh yang tumbuh dari adanya pandangan seseorang terhadap orang lainnya melalui beberpaa kontak bahasa tubuh. Seperti contohnya anda dapat menegtahui bahwa orang ini dinilai lebih baik dari pada yang satunya. Interaksi sosial sugesti dapat memberikan peningkatan kepercayaan.

5. Imitasi

Merupakan suatu tindakan dalam mengikuti suatu sikap maupun tingkat laku dari pihak terkait. Faktor ini berhubungan langsung dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya seperti sanng anaka akan meniru tingkat laku dari orang tuanya.

Syarat untuk terjadinya interaksi sosial

Dalam menjalankan sebuah interaksi sosial memanglah tidak rumit. Namun  tetap haru smemperhatikan syarat yang terjadi. Berikut syarat interaksi sosial antara lain :

1. Adanya kontak sosial

Kontak sosial merupakan tindakan yang akan meninmbulkan kesadaran dalam melakukan hubungan bersama sama. Contoh dari kontak sosial sendiri berupa chat,obrolan maupun percakapan serta dalam model syarat Kontak sosial juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Bentuk hubungan – Proses dari kontak sosial sangat berpengaruh dari bentuknya. Bentuk hubungan akan memberikan respon terhadap baik bruuknya kontak yang disampaikan. Kontak sosial berupa positif sendiri sering dipakai pada kegiatan formal.
  • Tingkat hubungan – Tingkatan dalam suatu hubungan tentunya kan mempengarui proses interaksi yang berlangsung. Seperti jika anda melakukan hubungan interaksi dengan menggunakan chat maka ahsilnya kurang memuaskan. Berbeda dengan hubungan secara tatap muka langsung.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan proses penyampaikan informasi dari pihak utama ke pihak lainnya. Interaksi sosial terjadi apabila informasi tersampaikan dengan benar. Terdapat komponen utama dari komunikasi meliputi :

  • Harus ada pihak pengirim dalam melakukan komunikasi
  • Terdapat penerima sebagai pihak mendapatkan pesannya
  • Memiliki sebuah pesan yang berupa informasi untuk disampaikan
  • Menggunakan media informasi seperti internet
  • Adanya umpan balik dari pihak penerima.

Ciri Ciri Terjadinya Interaksi Sosial

Melakukan hubungan berupa interaksi memang cukup mudah. Hanya saja, terdapat beberapa ciri khsusus untuk memberikan interaksi sosial yang tepat. Berikut ciri ciri interaksi sosial antara lain :

1. Lebih dari satu

Orang yang melakukan interaksi harus lebih dari satu orang. Hal ini karena akan ada informasi yang disampaikan serta memiliki tujuan utama.

2. Komunikasi

Terdapat komunikasi yang memang diperlukan. Komunikasi harus berkaitan langsung dengan konteks yang sedang dibahas.

3. Memiliki tujuan

Memiliki tujuan utama yang jelas dan tidak bergurau. Dalam kata lain, harus mempunyai tujuan yang nyata.

4. Waktu

Menggunakan dimensi wkatu yang sedang berlangsung, bak itu masa lalalu, masa depan maupun sekarang.

Macam Macam Bentuk Interaksi Sosial Saat Ini

Berinteraksi akan mendapatkan banyak pengalaman untuk kehidupan diri anda sendiri. Berikut macam macam interaksi sosial berserta contohnya.

1. Interaksi sosial bentuk asosiatif

Bentuk interaksi sosial utama yaitu asosiatif. Memiliki tujuan untuk melakukan hal yang positif. Berikut beberapa contohnya :

  • Alkulturasi – Yaitu proses dimana terjadi unsur unsur dari kebudayaan luar yang masuk serta tidak megakibatkan adanya kehilangan kepribadia yang lebih dahulu. Hal ini masih bisa diterima dengan baik di wilayah Indonesia serta memiliki manfaat yang cukup baik.
  • Adanya asimiliasi – Merupakan pengabunggan dari kebudayan untuk masing masing pihak yang masih terlibat dalam kebudayan tunggal untuk dimiliki bersama. Asimilasi memeiliki tujuan yang baik serta kemudahan untuk dijalani. Berikut faktor yang mempengaruhi adanya hal tersebut : Perkawinan campur dari beberapa budaya, Mempuanya tujuan serta visi yang sama, Sifat toleransi antar sesama makhluk sosial dan Terbuka dalam menghadapi masalah bersama.
  • Akomodasi – Bentuk interaksi yang satu ini lebih banyak dgunakan untuk memabantu dalam meredakan pertentangan yang sedang terjadi. Dengan adanya akomodasi diharapkan semua pihak dapat melakukan kesepakatan yang saling menguntungkan. Tentunya tidak terdapat beberapa masalah yang dapat memancing kembali timbulnya pertentangan.
  • Kerja sama satu tujuan – Interaksi sosial positif selanjutnya yaitu berupa kerja sama. Proses kerja sama digunakan untuk memberikan keuntungan dan mencapai tujuan bersama. Hal ini harus disepakati oleh kedua beleh pihak yang bersangkutan. Penciptaaan dari kesepakatan juga harus dilalui secara bersama sama.

2. Interaksi sosial bentuk disosiatif

Merupakan bentuk interaksi sosial bersifat negatif. Berikut beberapa jenis dari interaksi disosiatif :

  • Pertentangan – Pertentangan kerap kali terjadi ketika tedapat kesalapahaman dari semua pihak. Dengan adanya pertentangan, maka inetraksi yang dilakukan menjadi tidak sehat. Proses ini baisanya diwarnai dengan kekerasan.
  • Adanya kontraversi – Kontraversi sering dikaitkan langsung dengan pengacauan maupun kekerasan yang sering terjadi di masyarakat. Tujuan utamanya tidak lain untuk memecah belah suatu daerah dan memiliki wilayah.
  • Kompetisi – Persaingan yang tidak sehat akan menyebabkan kedua belah pihak menjadi memiliki kompetisi. Persaingan ini tidak jarang menggunakan ancamana maupun senjata yang dapat melukai lawannya.

Begitulah ulasan lengkap megenai interaksi sosial yang wajib anda ketahui. Ada juga materi lainnya yang dapat anda pelajari seperti struktur sosial dan Perubahan Sosial. Pada dasarnya manusia memang memerlukan kehidupan bersosial untuk lebih berkualitas. Untuk itu, alangkah lebih baiknya kita mengunakan interaksi yang sesuai dan benar. Kunjungi kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

BAGIKAN
Berita sebelumyaKerajaan Majapahit
Berita berikutnyaTata Surya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here