Denda Pajak Mobil

Denda pajak mobil kerap kali menjadi momok bagi pemilik mobil yang terlambat membayar pajak. Kali ini anda akan mendapatan info tentang bagaimana cara menghitungnya sehingga anda dapat menyiapkan dana cukup guna membayar pajak mobil dan dendanya itu.

Berdasarkan peraturan yang ada, pembayaran denda berlaku jika anda telat membayar sesudah 2 hari kerja sesudah jatuh tempo tanggal pembayaran PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor. Setelah itu, pembayaran untuk pajak kendaraan menghitung untuk keterlambatan secara bulanan.

Seperti contoh, bila anda telat selama 2 hari kerja sesudah tanggal jatuh tempo pajak kendaraan anda maka anda terhitung membayar denda untuk satu bulan. Bila anda telat selama satu tahun sesudah tanggal jatuh tempo maka anda akan dihitung membayar denda yang banyaknya 12 bulan. Dengan adanya layanan online kini anda sudah bisa cek pajak kendaraan tanpa harus pergi ke Samsat.

Apakah ribet menghitung denda pajak mobil?

Tenang saja, ternyata dalam menghitung pajak kendaraan anda tidak sesulit yang anda kira. Caranya cukup simpel saja, cukup dengan  menginput saja angkanya lalu anda akan memperoleh jumlah yang seharusnya anda  bayarkan.

Sebaiknya anda terlebih dulu mengetahui biaya apa saja yang ada dalam ketentuan denda tersebut sebelum menghitung besarnya jumlah denda yang akan anda bayarkan. Denda untuk pajak mobil yang harus anda bayar merupakan jumlah PKB dan SWDKLLJ atau Denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Jadi perhitungannya sebagai berikut:

Denda pajak mobil = Denda PKB + Denda SWDKLLJ.

Sementara cara untuk menghitung besarnya denda PKB mobil tidak berbeda dengan cara menghitung denda pada pajak motor. Rumus resmi perhitungan denda PKB yaitu:

Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12.

Baca Juga  Jadwal Kereta Gaya Baru Malam

Biaya PKB adalah jumlah untuk pajak kendaraan yang tetap harus dibayarkan setiap tahunnya. Sementara cara mengecek jumlah biaya PKB adalah kunjungi saja kantor Samsat setempat dan tanyakan langsung disana.

Jika anda memiliki banyak kendala untuk datang kesana secara langsung, ada cara lain yang mudah yaitu dengan melakukan pengecekan PKB secara online. Sementara n adaah jumlah seberapa lama keterlambatan yang ada. Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, hitungan waktu keterlambatan jenis pembayaran kendaraan adalah berdasarkan hitungan bulanan.

Ada sedikit perbedaan dalam perhitungan denda terhadap mobil dan motor. Denda untuk SWDKLLJ bagi kendaraan jenis roda 4 yang bukan halnya kendaraan umum adalah senilai Rp 143.000. Anda dapat menghitung besarnya jumlah denda dengan menambahkan denda PKB dengan SWWKLLJ.

Sesudah anda bisa memperkirakan sendiri berapa besarnya denda pajak mobil anda, tunggu apa lagi? Segera saja selesaikan perihal pembayaran di kantor Samsat. Meski kini sudah marak tersedia fasilitas langkah pembayaran secara online, namun ada beberapa kantor Samsat yang belum bisa. Sehingga anda harus tetap membayarnya di kantor Samsat yang ada di daerah masing-masing. Untuk tetap mendapatkan berita terkini kunjungi kasihberita.com

Tinggalkan komentar