Dampak Global Warming

Dampak global warming yang terjadi pada lingkungan hidup sangat banyak. Dampak ini tentunya tidak baik untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di Bumi. Pemanasan global merupakan permasalahan yang timbul dari peningkatan emisi. Dampak global warming tentu akan mengganggu makhluk hidup yang ada di bumi. Emisi yang dihasilkan antara lain metana, CO2 atau karbondioksida, sulfur, dinitro, oksida, hidrofluorokarbon dan heksafluorida.

Perlu diketahui bahwa dampak global warming bagi makhluk hidup sangatlah mengkhawatirkan. Sebagai umat manusia yang baik harus bisa mencegahnya agar tidak bertambah parah. Cara yang paling mudah yaitu dengan mulai dari diri sendiri dan mengajak orang lain untuk mencegah pemanasan global.

Dampak Global Warming Bagi Makhluk Hidup

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari global warning yang merugikan kalangsungan hidup makhluk di Bumi. Berikut beberapa dampak yang mungkin bisa terjadi:

1. Gletser mencair

Glatser merupakan daratan es yang sangat luas terletak dibagian utara bumi dan ujung selatan bumi. Manusia tidak dapat bertahan di lungkungan yang sangat dingin. Kehidupan yang ada di wilayah tersebut adalah hewan tertentu saja.

Dengan naiknya suhu bumi dataran es yang ada di kutub utara dan selatan akan mencair yang akan berakibat naiknya permukaan air laut. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan makan tidak menutup kemungkinan pulau dapat tenggelam.

Daratan es tersebut saat ini sebenarnya sudah mulai mencair namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Karena saat ini yang banyak di siarkan oleh televisi hanya berita seputar wilayahnya masing masing.

Baca Juga  Kata kata Cinta

2. Pulau-pulau kecil tenggelam

Sebagaimana telah dijelaskan di atas dengan mancairnya es yang ada dikutub utara dan selatan makan pulau pulai kecil dapat tenggelam. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengurangi emisi.

Pulau dengan ketinggian yang rendah tentunya akan mudah tenggelam. Di Indonesia banyak pulau kecil seperti kepulauan seribu. Pulau pulau tersebut juga bisa terkena dampak pemanasan global.

Bagi anda yang tinggal di daerah pengunungan mungkin tidak akan merasakan bahwa akan dapat tenggelam dari dampak pemanasan global yang saat ini sedang terjadi. Kemungkinan tenggelamnya dataran tinggi mungkin saja terjadi karena luasnya daratan es apabila mencair.

3. Terjadinya kekeringan

Dampak yang diakibatkan dari pemanasan global selanjutnya adalah terjadinya kekeringan. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka akan terjadi kekurangan makanan yang berakibat perang dalam merebutkan makanan.

Hal ini mungkin berbeda dengan apa yang dijelaskan sebelumnya. Apabila mencairnya daratan es dapat menyebankan terendamnya pada pulau kecil. Selain daerah pesisir pantai akan terkena dampak kekeringan.

Meningkatnya suhu akan membuat tumbuhan tidak dapat bertahan di suhu yang sangat panas yang bisa berakibat kematian. Hanya tumbuhan tertentu saja yang mampu bertahan dikondisi cuaca ekstrim.

4. Perang dan konflik

Perang merupakan salah satu dampak yang pernah terjadi di Indonesia yaitu saat belanda menduduki wilayah indonesia karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang bagus. Apabila pemanasan global tidak dapat diatasi kemungkinan perang akan terjadi kembali.

Perang yang pernah terjadi di bumi adalah perang dunia pertama dan perang dunia kedua yang berakibat terbununhnya jutaan manusia karena ambisi dari suatu kelompok tertentu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Yang menjadi korban tentunya masyarakat sipil yang tidak berdosa. Tentunya peperangan tidak di inginkan baik itu yang timbul dari dampak global warming maupun dari hal lainnya seperti masalah ras, suku dan agama.

Baca Juga  Kata kata Lucu

5. Sektor pertanian rusak

Apabila tidak ada upaya dan tindak lanjut untuk menangani pemanasan global sejumlah tanama pertanian akan rusak karena tidak dapat bertahan di suhu yang panas. Walaupun masih ada beberapa tanaman yang mampu bertahan di cuaca extreme tentunya tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Beberapa contoh dampak global warming diatas tentunya kita tidak menginginkanya. Untuk mencegahnya dapat dimulai dengan diri sendiri dengan menghemat listrik, menanam pohon, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan lain sebagainya. Semoga artikel mengenai dampak pemanasan global bermanfaat terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan komentar