Coban Rais Batu

Coban Rais batu merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Jawa Timur. Banyak objek wisata yang dapat anda temui di daerah ini. Tempat ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.025 mdpl sehingga udara dikawasan ini sejuk serta memiliki pemandangan alam yang bagus. Coban Rais (Air terjun Rais) ini memiliki tinggi 20 meter dengan kecuraman 90 derajat. Tempat wisata di Malang juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Coban Rais Batu memiliki pemandangan alam yang bagus dengan air terjun yang dikelilingi perbukitan hijau sehingga membuat pandangan pengunjung menjadi nyaman dan damai. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dalam mengisi liburan akhir pekan anda bersama keluarga maupun teman anda. Saat cuaca cerah pemandangan alam disekitar Coban Rais Batu dapat terlihat dengan jelas.

Kawasan Sekitar Coban Rais Batu

Kawasan di sekitar Curug Rais terdapat bukit bulu dan juga Batu Flower Garden yang juga memiliki keindahan tersendiri sehingga penjunjung dapat menabil foto ditempat tersebut. Biasanya muda mudi yang datang ketempat ini tidak melewatkan untuk berfoto bersaman pasangan mereka masing masing. Berikut Beberapa Spot dan Wahana yang menarik di kawasan Coban Rais Batu.

1. Batu Flower Garden

batu flower garden
batu flower garden (Foto: explorewisata.com)

Seperti yang dapat anda lihat foto diatas, batu flower garden ini dikelilingi dengan tumbuhan hijau sehingga membuat pengunjung menjadi nyaman saat memandanginya. Apabila cuaca cerah anda dapat melihat pemandangan sekitar dengan jelas. Selain pemandangan yang bagus tempat ini memiliki udara yang yang sejuk sehingga membuat perasaan pengunjung menjadi tenang.

Tempat ini juga banyak terdapat spot untuk berfoto sebagai kenang – kenangan atau juga dapat memamerkannya kepada teman anda yang belum pernah datang ketempat ini sehingga teman anda tertarik untuk datang mengunjungi tempat ini.

2. Spot I Love U

spot foto i love u coban rais
spot foto i love u coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Spot ini sangat banyak digunakan untuk selfie karena memiliki latar belakang yang bagus berupa perbukitan dan memiliki kata I love U dimana love diganti dengan bentuk hati yang terbuat dari bahan kayu. Sedangkan bagian alasnya berwarna hijau sehingga menambah kesan alami.

Baca Juga  Tempat Wisata Keluarga di Jakarta

3. Gardu Pandang I Love U

gardu pandang love u coban rais
Gardu pandang love u coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Konsep yang ada pada spot ini sama seperti spot sebelumnya yaitu untuk menunjukan kasih sayang terhadap pasangannya. Bedanya spot ini kata I love U digunakan sebagai lantai. Pemandangan yang tampak di spot ini sangat bagus dengan latar belakan pengunungan hijau.

4. Wahana Ayunan

spot foto ayunan coban rais
Spot foto ayunan coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Wahana ini memiliki latar belakang jurang dan apabila pengunjung tertarik mencobanya, pihak pengelola sudah mempersiapkan keamanannya sehingga pengunjung tidak perlu kawatir. Bagi anda yang taku dengan ketingian dapat mencoba wahana lain yang sesuai dengan anda.

5. Sepeda Gantung

spot foto skybike coban rais
spot foto skybike coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Wahana ini mirip dengan wahana yang ada di the lodge maribaya yang ada di bandung. Pengunjung bersepeda diatas seutas tali dan tentunya pengunjung yang akan mencobanya akan dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan sehingga aman untuk di coba. Bagi anda yang takut dengan ketinggian jangan mencoba wahana ini ya.

6. Taman Apel

spot foto apel coban rais
spot foto apel coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Di taman ini terdapat patung apel yang berbentuk tidak sempurna sehingga terlihat sudah dimakan sebagian. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat fovorit untuk mengambil gambar selfie. Di sekitar patung apel terdapat bunga bunga sedangkan pada bagian latar belakang terdapat pemandangan pengunungan yang indah.

7. Rumah Hobbit

spot foto rumah hobbit di coban rais
spot foto rumah hobbit di coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Rumah ini sangat unik dan tentunya bagi penggemar film tentu pernah melihat rumah seperti ini pada film The Lord of The Rings. Rumah hobbit ini memiliki bentik yang kecil dengan atap rumput hijau. Keunikan rumah hobbit ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

8. Spot Gardu Pandang Love

spot foto gardu pandang love coban rais
spot foto gardu pandang love coban rais batu (Foto: explorewisata.com)

Di spot dengan lantai berbentuk hati pengunjung dapat menikmati pemandangan alam pengunungan yang segar. Tidak sedikit yang ingin mencoba untuk berfoto ditempat ini dan di pasang dikun instagram mereka untuk dipamerkan kepada teman-teman mereka.

9. Taman Melodi

spot foto taman melodi coban rais
spot foto taman melodi coban rais batu ((Foto: explorewisata.com))

Taman ini memiliki bentuk notasi lagu dengan dikelilingi buang berwarna putih dan kuning sehingga terlihat bagus untuk dijadikan spot foto. Latar belakang spot ini menampilkan pemandangan alam hijau.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Rais Batu

Coban Rais Batu terletak cukup jauh dari jalan utama.  Lokasi tepatnya berada di dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo, kec.Batu, kota Batu. Apabila berangkat dari kota Batu membutuhkan perjalanan kurang dari 30 menit dengan jarak tempuh 7 km dari kota Batu. Apabila dari Bumi Perkemahan Coban Rais sekitar sekitar 3,5 km. Anda dapat menggunakan GPS yang ada di smartphone anda dengan mengambil arah ke studio Batu di desa Oro Oro Ombo.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Kediri

Perjalanan menuju lokasi Curug Rais Batu berjarak sekitar 5 km dari area parkir. Pengunjung yang datang harus menyusuri jalan setapak, sungai dan juga lembah. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Apabila anda berniat untuk berkunjung ke lokasi ini, pastikan kondisi badan anda dalam kondisi baik. Apabila cuaca tidak mendukung lebih baik menunggu cuaca cerah untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Coban Rais Batu

Wisata air terjun ini cukup murah yaitu sebesar Rp 7.500. Apabila anda ingin mencoba wisata disekitar tempat ini anda harus mengeluarkan biaya Rp 10.000/spot. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua Rp2.000 sedangakan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dapat membawa kamera sendiri atau dapat juga menyewanya dengan biaya Rp 15.000.

Di bukit bulu terdapat fasilitas kamar mandi atau toilet, sehingga pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini apabila ingin buang air kecil maupun buang air besar. Selain toilet tersedia juga tempat ibadah umat islam, apabila datang waktu sholat dapat melaksanakan kewajiban menunaikan ibadah sholat. Di tempat ini belum tersedia tempat untuk khusus menjual makan sehingga apabila anda berkunjung ketempat ini harus menyiapkan bekal yang cukup. Untuk menjaga kebersihan pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kawasan sekitar coban Rais Batu masih terlihat alami dengan pemandangan pegunungan hijau yang menyelimutinya. Lokasi yang tersembunyi dan jauh dari jalan utama tentu banyak yang belum mengetahui lokasi ini. Dengan adanya media sosial, tempat ini menjadi terkenal karena memiliki keindahan alam yang bagus dan juga memiliki spot foto yang bagus. Tidak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk melihat secara langsung keindahan yang dimiliki oleh Coban Rais Batu. Ikuti kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini tentang wisata.

Tinggalkan komentar