Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Cek pajak kendaraan bermotor merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar pajak kendaraan yang Anda miliki, kini bisa melakukan cek pajak melalui online. Sehingga tidak perlu harus datang ke samsat setempat untuk mendapatkan informasi tentang pajak kendaraan anda.

Dengan adanya perkembangan teknologi menjadikan pengecekan pajak kendaraan semakin mudah sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu. Apalagi sekarang merupakan zaman modern dengan menggunakan samatphone anda sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Mengenal Pajak Kendaraan Bermotor

Sebelum Anda mengetahui cara cek pajak kendaraan bermotor, dalam hal ini Anda sebaiknya juga memahami terlebih dahulu mengenai apa itu pajak kendaraan. Dalam hal ini pajak kendaraan berkaitan dengan kendaraan bermotor yang digunakan di jalur darat. Pajak kendaraan bermotor dapat diartikan sebagai pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor, dimana kendaraan tersebut dioperasikan pada jalur darat.

Banyaknya jenis kendaraan bermotor yang ada di jalur darat menjadikan besarnya pajak kendaraan bermotor juga berbeda. Untuk menentukan besarnya pajak tersebut biasanya dilakukan melalui 2 cara yaitu faktor kerusakan jalan yang ditimbulkan kendaraan serta faktor nilai dan bobot yang dapat menimbulkan pencemaran.

Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga Negara, dan pajak yang wajib ini termasuk pajak kendaraan motor. Nantinya hasil pajak tersebut akan digunakan untuk mendukung pembangunan di Indonesia karena pajak adalah  pendapatan pemerintah. Selain itu, membayar pajak juga memberikan keuntungan bagi Anda karena rekaman pajak bisa menjadi pendukung disetujuinya pinjaman Anda di sebuah bank.

Untuk besarnya pajak kendaraan bermotor (PKB) yang harus Anda bayar biasanya tertulis secara jelas di STNK. Tetapi jika Anda mempunyai kendaraan bermotor lebih dari 1 biasanya besar pajak kendaraan tersebut juga berbeda dan disesuaikan dengan urutan kepemilikan kendaraan tersebut. Semakin banyak kendaraan bermotor yang dimiliki, nantinya tarif pajak juga akan semakin bertambah sesuai dengan urutan kepemilikan kendaraan tersebut. Apabila anda ingin membayar pajak motor, ada harus menyiapkan syarat bayar pajak motor anda.

Jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Setelah memahami penjelasan mengenai pajak kendaraan bermotor, selanjutnya Anda harus mengetahui pula jenis pajak kendaraan. Dimana untuk jenis pajak kendaraan ini dibedakan menjadi dua yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

Baca Juga  Bus Agra Mas

Untuk pajak tahunan, pembayaran pajak dilakukan untuk pengesahan STNK tahunan. Pembayaran pajak bisa Anda lakukan secara langsung dengan datang ke kantor Samsat yang ada di wilayah tempat tinggal Anda. Selain datang ke kantor, Anda bisa melakukan pembayaran pajak secara online tetapi cara ini masih berlaku di beberapa wilayah saja. Ketika membayar pajak tahunan, Anda harus membawa STNK asli, KTP asli sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK serta sejumlah uang untuk membayar pajak.

Sedangkan pajak lima tahunan adalah pajak kendaraan bermotor untuk pergantian STNK dan plat kendaraan. Untuk pajak lima tahunan ini hanya bisa dilakukan melalui kantor Samsat saja dan tidak bisa dilakukan secara online. Hal ini disebabkan karena proses pajak lima tahunan membutuhkan pemeriksaan fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas.

Saat pembayaran pajak lima tahunan ini Anda harus membawa STNK asli, BPKB asli, KTP asli, serta formulir untuk cek fisik kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan membayar Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB, kini dapat dicek secara online. Pengecekan pajak kendaraan ini akan membantu mempermudah proses pembayaran pajak tahunan kendaraan Anda. Pada situs tersebut nantinya akan ditampilkan jumlah nominal PKB yang harus Anda bayar.

Meskipun saat ini cara cek pajak kendaraan bermotor secara online sudah bisa diakses, tetapi situs online tersebut masih tersedia untuk beberapa wilayah saja seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Bagi Anda yang tinggal di beberapa wilayah tersebut kini sudah bisa mengakses situs online PKB.

Berikut ini akan dijelaskan cara cek pajak kendaraan bermotor secara online melalui alamat situs untuk masing-masing daerah yang bisa menambah wawasan Anda.

1. Cek Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta

Pengecekan pajak kendaraan di wilayah DKI Jakarta bisa dilakukan secara online melalui situs http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB . Setelah Anda memasuki alamat situs tersebut selanjutnya silahkan Anda mengisi formulir dan memasukkan kode serta klik Proses. Melalui langkah tersebut nantinya Anda akan ditunjukkan tampilan informasi pajak kendaraan yang Anda butuhkan. Meskipun nominal pajak kendaraan ditampilkan pada situs tersebut tetapi biasanya besaran pajak tersebut belum termasuk dengan pajak progresif dan denda jika pajak sudah jatuh tempo.

Baca Juga  Denda Pajak Mobil

2. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jatim dan ingin mengetahui pajak kendaraan bermotor Anda silahkan kunjungi alamat situs http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas . Setelah Anda memasuki alamat situ tersebut, selanjutnya cara cek pajak kendaraan bisa Anda lakukan dengan memasukkan nomor pelat kendaraan. Setelah itu anda harus masukkan kode verifikasi yang sudah tercantum pada situs tersebut lalu klik Cari. Kemudian informasi mengenai PKB kendaraan Anda akan muncul pada tampilan halaman situs tersebut. Untuk besaran nominal pajak yang tercantum merupakan pajak biaya normal dan bukan termasuk pajak progresif serta denda untuk pembayaran pajak yang terlambat.

3. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jabar

Cara cek pajak kendaraan bermotor untuk wilayah Jabar bisa dengan mengakses situs resminya melalui alamat http://bapeda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ . Alamat situs tersebut bisa diakses seperti halnya pelayanan pajak online di wilayah lain tetapi di wilayah Jawa Barat masih menggunakan layanan SMS untuk pengecekan pajak kendaraan. Sedangkan untuk pembayaran pajak bisa dilakukan dengan SMS banking, internet banking, dan ATM.

4. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Yogyakarta

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Yogyakarta bisa mengakses situs http://infonjkbdiy.com/. Kemudian cara cek pajak kendaraan bisa dilakukan dengan memasukkan nomor polisi kendaraan lalu klik submit. Nominal yang ditampilkan pada situs tersebut adalah nominal pajak utama dan belum termasuk pajak progresif maupun denda.

5. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Jateng

Bagi Anda yang ingin mengecek PKB secara online untuk wilayah Jateng silahkan kunjungi alamat http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ . Lalu silahkan isi nomor kendaraan Anda lalu klik submit. Seperti tampilan pada situs wilayah lainnya, tampilan besar pajak pada situs ini merupakan pajak utama. Apabila terlambat dalam pembayaran akan ditambahkan denda keterlambatan.

Melalui penjelasan diatas kini Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai cara cek pajak kendaraan yang bisa dilakukan secara online. Pastinya cara online tersebut sangatlah mudah sehingga Anda bisa memantau pajak kendaraan bermotor Anda. Dengan adanya layanan tersebut bisa mencegah terjadinya keterlambatan pembayaran pajak yang bisa menimbulkan denda pada nominal PKB Anda.

Tinggalkan komentar