Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Indonesia
Alat Musik Sasando (Foto: http://duniaseribuinformasiteti.blogspot.co.id)

Alat Musik Tradisional Indonesia – Negara Indonesia memiliki wilayah yang luas dengan jumlah pulau mencapai ribuan baik yang berpenghuni atau tidak. Dengan ribuan pulau berjajar dari Sabang hingga Merauke, tentu ada banyak suku dan budaya yang tumbuh berkembang. Hal itu pula yang mempengaruhi perkembangan alat musik tradisional Indonesia sejak dulu hingga sekarang.

Selain alat musik, tempat wisata di indonesia juga sangat bagus dan tidak sedikit wisatawan luar ngeri datang ke Indoneisa untuk dapat melihat secara langsung pemandangan alam yang ada di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang terkenal sampai keluar negeri adalah pulau bali.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Berikut ini adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dan cara memainkan alat musik tersebut.

1. Angklung

Angklung
Angklung (Foto: kamerabudaya.com)

Alat musik tradisional Indonesia satu ini memang telah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Berasal dari Jawa Barat, angklung menjadi salah satu alat musik yang ikonik hingga sekarang. Banyak orang dari luar negeri pun tertarik memainkan alat musik yang terbuat dari bambu ini. Cara memainkan angklung adalah menggoyangkan potongan bambu yang telah dirancang agar menghasilkan nada yang unik.

2. Sasando

Sasando
Sasando (Foto: http://balaiedukasi.blogspot.co.id)

Alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Timor dan Rote, propinsi Nusa Tenggara Timur ini memang memiliki bentuk yang unik mirip cangkang dengan dawai senar yang dipetik. Suara yang dihasilkan pun tenang menghanyutkan sehingga Sasando menjadi salah satu alat musik yang paling populer hingga ke luar negeri. Cara memainkannya cukup dengan memetik nya.

3. Gendang Melayu

Gendang Melayu
Gendang Melayu (Foto: gapuranews.com)

Salah satu alat musik yang telah ada sejak jaman dahulu hingga dipergunakan dalam musik dangdut kontemporer saat ini. Di Bangka Belitung, gendang ini juga sering digunakan untuk menjadi musik latar pengiring pengantin. Cara memainkan alat musik tradisional ini dengan memukulnya dengan telapak tangan.

4. Gamelan

Gamelan
Gamelan (Foto: kongkie.com)

Siapa yang tidak tahu mengenai gamelan yang merupakan satu set alat musik tradisional Indonesia paling populer khususnya di Pulau Jawa. Salah satu alat instrument gamelan yang paling terkenal adalah gong. Tidak hanya digunakan untuk memainkan lagu tradisional Jawa saja, gong pun kerap digunakan dalam pembukaan acara formal penting di Indonesia. Selain gong, instrument pendukung gamelan antara lain kenong, slentem, bonang dan sebagainya. Cara memainkan alat musik ini dengan memukulnya.

5. Serunai

Serunai
Serunai (Foto: http://fvckiloveindonesia.blogspot.co.id)

Nusa Tenggara Barat tidak hanya terkenal dengan potensi wisata dan budaya asli Sasak yang masih terjaga hingga kini namun juga alat musik tradisional Indonesia bernama serunai. Alat musik satu ini hampir sama dengan seruling yang ditiup hanya saja suara yang dihasilkan sangat berbeda. Pada pegelaran tradisional di NTB, alat musik ini sering digunakan. Cara memainkannya sangat mudah yaitu dengan meniupnya, meskipun demikian anda perlu menutup lubang tertentu yang ada pada alat tersebut agar dapat menghasilkan suara yang bagus.

6. Ganda

Ganda
Ganda (Foto: azzamaviero.com)

Sulawesi Tengah memiliki alat musik yang cukup unik bernama ganda. Alat ini mampu menghasilkan suara Membranofon. Bisanya pagelaran besar akan menggunakan beberapa alat musik ini yang berjejer agar bisa menghasilkan efek suara yang banyak. Cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan memukulnya.

7. Djembe Bali

Djembe Bali
Djembe Bali (Foto: ethno-magic.com)

Salah satu pulau yang menjadi pintu gerbang pariwisata internasional di Indonesia, Bali masih lekat dengan budaya tradisional yang kental. Bali pun memiliki alat musik khas bernama Djembe yang dimainkan dengan tangan kosong. Bagi orang yang suka melihat perkusi, alat musik yang mirip dengan cawan bulat bersuara bas ini tidak akan asing lagi. Cara memainkan alat musik tradisional ini cukup mudah yaitu dengan memukulnya.

8. Kecapi

Kacapi Suling
Kacapi Suling (Foto: http://vannteru.blogspot.co.id)

Alat musik tradisional Indonesia dari Sulawesi Barat ini mungkin sudah tidak asing lagi karena suara yang dihasilkan sangat indah. Pemain kecapi profesional akan membius semua pendengar. Cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan memetiknya.

9. Alat Musik Tradisional Indonesia Tifa

Tifa
Tifa (Foto: http://wirawandwilazuardy.blogspot.co.id)

Tifa adalag alat musik yang berasal dari tanah Papua. Terbuat dari bahan kayu yang mirip dengan kendang namun memiliki lubang di bagian tengah, Tifa menjadi alat musik yang mampu menghasilkan suara khas. Biasanya penutup alat musik ini terbuat dari kulit rusa dan dimainkan dengan cara dipukul. Suku di Maluku dan Papua biasanya memiliki Tifa sebagai alat musik tradisional Indonesia yang masih lestari hingga sekarang. Cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan memukulnya.

10. Kulintang

Kulintang
Kulintang (Foto: http://philipdominguezmercurio.blogspot.co.id)

Sebenarnya alat musik tradisional Indonesia ini telah berkembang sejak lama di kepulauan Melayu hingga Filipina dan terus berkembang sampai sekarang. Kulintang sendiri berkembang di Indonesia khususnya berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Selatan. Biasanya terbuat dari kayu lokal yang akan menghasilkan bunyi tong ting tang saat dipukul.

11. Bende

Alat Musik Bende
Alat Musik Bende (Foto: rebanas.com)

Bende merupakan jenis alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Pada bagian pusat alat ini terlihat tonjolan bulat yang digunakan untuk area dipukul. Untuk memainkan alat musik ini dengan memukulnya menggunakan pemukul khusus agar tidak merusak alat musik ini.

12. Doll

Alat Musik Doll
Alat Musik Doll (Foto: https://alatmusikkita.wordpress.com/)

Doll merupakan nama alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bengkulu. Alat musik ini berbentuk bulat semacam genderang. Bagi anda yang baru pernah mendengar alat musik ini mungkin yang terlintas dipikiran anda adalah alat musik yang berbentuk boneka. Dimana Doll dalam bahasa inggris adalah boneka. Untuk memainkan alat ini menggunakan pemukul yang terbuat dari karet khusus.

13. Alat Musik Tradisional Indonesia Sampek

Sampek
Sampek (Foto: corneliaevianaakub.blogspot.com)

Sampek adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Timur. Bentuk dari alat musik Sampek begitu artistik dan memiliki suara yang indah. Pada bagian tengah alat ini tersusun dawai dawai tersusun yang begitu rapi. Untuk memainkan alat musik ini dengan cara memetiknya. Alat ini biasanya digunakan pada pengiring acara-acara ritual penting di daerah Kalimantan.

Tentu masih banyak lagi alat musik tradisional Indonesia. Apalagi Indonesia adalah negara yang luas dari Aceh hingga Papua. Serune kalee, Aramba, Saluang, Genggong, Gambangan, Panting dan masih banyak lagi alat musik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tentu keragaman alat musik tersebut menjadi salah satu aset kekayaan negara Indonesia tercinta. Ikuti kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here