Puncak Serangan DDos Kepada Q3

0
Puncak Serangan DDos Kepada Q3
Puncak Serangan DDos Kepada Q3

Kasihberita.com – Puncak serangan DDos – Verisign sebagai perusahaan keamanan telah membuat lapotan ter-update, mengenai tren terbari DDos Q3 (Kuartal Ketiga) tahun 2017. Pada laporan tersebut menggambarkan mengenai tren serangan secara online.

Berdasarkan beberapa temuan dan pengamatan yang telah dilakukan, maka hasil dari mitigasi mengenai serangan DDos atau Distributed Denial of Service. Verisign mencatat serangan telah menurun ketika Q2 2017, namun mengalami kenaikan 29%  serangan kepada Q3, sebagai puncak serangan DDos dengan 5 jenis serangan yang dilakukan.

Puncak serangan DDos yang ditujukan ke Q3 adalah Multi-Vektor dengan 2.5Gbps, 1 juta/detik dan berlangsung selama 2 ½ jam. Hal ini menjadi perhatian, sebab ada banyak jenis vektor seperti CharGEN (Character Generator), TCP SYN dan TCP RST.

Industri IT yang mewakili 45% mitigasi lebih banyak mengincar industri sektor keuangan, sebanyak 20% dari aktivitas mitigasi. Meski mengalami penurunan, bukan berarti tidak ada puncak serangan DDos dikemudian hari, jadi ini waktu yang tepat untuk mereview ulang keamanan.

Peningkatan Penyebaran File Jahat Hacker

Kaspersky Lab mendetek 360.000 file jahat hacker dalam 1 hari di tahun 2017, angka tersebut mengalami peningkatan 11,5% dibandingkan tahun lalu. Meski di tahun 2015 sempat mengalami penurunan, tetapi tidak berlangsung lama.

Pada 2 tahun terakhir jumlah malware baru kembali muncul, menjadi tanda tren membuat kode berbahaya kembali muncul. Puncak serangan DDos ini terus meningkat setiap ada upgrade system keamaan dan menimbulkan malware baru.

Malware yang Banyak Disebarkan

File yang termasuk dalam malware sebanyak 78%, namun virus mengalami penurunan secara drastis di 5-7 tahun terakhir, sebab efisiensi yang rendah dan perkembangan yang kompleks, sehingga menyisakan 14%/hari.

Perangkat lunak periklanan atau Adware yang masih tersisih, meski tidak berbahaya, tetapi ada beberapa kasus yang menyebabkan paparan informasi dan resiko lain. Oleh karena itu, harus ada pengaman untuk serangan seperti ini, sehingga pengguna bisa tetap aman.

Kaspersky Lab membuat system untuk mengatasi puncak serangan DDos dengan Machine Lerning, dimana system tersebut akan mengidentifikasi dan memblock malware secara otomatis, sebab terdapat 20.000 file berbahaya setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here