Fitur Terbaru Facebook dalam Mencegah Bullying

0
Fitur Terbaru Facebook dalam Mencegah Bullying
Fitur Terbaru Facebook dalam Mencegah Bullying

Kasihberita.com – Fitur terbaru Facebook telah diumumkan, dimana fitur ini bertujuan untuk mencegah pelecehan di Messenger dan platform Facebook. Hal ini menjadi upaya yang dilakukan oleh Facebook, demi memberi komunikasi yang aman dan nyaman.

Fitur yang dikembangkan oleh Facebook menjadi jawaban dari laporan dan saran pengguna Facebook, serta beberapa perwakilan dari organisasi grup yang telah menjadi korban pelecehan, terutama jurnalis dan wanita.

Pada hari Rabu, 20 Desember 2017 mereka memerkenalkan fitur terbaru Facebook yang di beri nama Head of Safety Facebook Antigone Davis. Sebagai fitur yang bisa proaktif dalam membantu dan mengenal kontak yang tidak diinginkan, sehingga mendapat opsi menolak percakapan Messenger, tanpa harus memblokir pengirimnya.

Facebook telah melarang pelecehan dan bullying, jadi orang bisa memberi informasi kepada pihak perusahaan, jika merasakan pengalaman yang tidak menyenangkan atau melihat indikasi yang mengkhawatirkan.

Davis menjelaskan, bahwa Facebook selalu melakukan peninjauan dari setiap laporan yang diberikan oleh pengguna, serta mengambil tindakkan tegas terhadap pelaku pelecehan. Salah satunya dengan menghapus akun, menonatifkan akun sementara, atau membatasi fitur yang bisa di akses oleh akun yang dianggap telah melanggar standar dari komunitas.

Fitur Terbaru Facebook

  1. Mencegah Kontak Tidak Diinginkan
    Facebook telah mendengar laporan dari pengguna yang telah memblokir seseorang, namun bertemu lagi, sebab mereka menggunakan akun berbeda. Maka fitur terbaru Facebook telah mengembangkan hal tersebut, dimana Facebook mencegah terjadinya akun palsu.
    Fitur tersebut akan menggunakan alamat IP sebagai cara untuk mengenali akun pengguna, sehingga bisa mencegah akun yang telah memblokir menerima pesan atau permintaan pertemanan dari akun yang sudah diblokir.
  2. Mengabaikan Pesan
    Ketika seseorang mengalami pelecehan dan memblokir pelaku pelecehan, justru membuat pelaku membuat pelecehan lanjutan. Oleh karena itu, Facebook membuat fitur yang bisa digunakan untuk mengabaikan pesan dengan metode klik pesan, sehingga korban akan aman dari pelecehan lanjutan.

Jadi setiap pesan yang masuk tidak akan muncul notifikasi, selain itu pesan tidak ada di kontak penyimpanan. Namun, fitur terbaru Facebook akan memindahkanya ke folder Filtered Message.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here