Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

0
menu diet sehat
menu diet sehat (Foto: healthyfood.co.uk)

Kelebihan berat badan bagi sebagian orang menjadi satu masalah yang mengganggu dan merepotkan. Istilah lain dari obesitas ini sering menimbulkan masalah lain seperti krisis kepercayaan diri. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan pola makan menu diet sehat.

Berbagai model pakaian pun jadi tidak bisa dikenakan dengan leluasa. Untuk mengatasi masalah obesitas ini, tentu saja satu solusi yang perlu diterapkan adalah menurunkan berat badan melalui cara yang sehat dan benar.

Jenis Menu Diet Sehat

Selain berolahraga, mengatur pola makan atau diet yang diasup menjadi satu hal wajib. Lalu, menu diet sehat seperti apakah yang sehat dan efektif untuk menurunkan berat badan?

Menu diet sehat yang layak dikonsumsi untuk mereka yang sedang berencana menurunkan berat badan pertama datang dari kelompok buah-buahan dan sayuran. Cobalah untuk mengganti cemilan Anda dengan buah-buahan, entah itu dimakan langsung atau dalam bentuk jus.

Sedangkan karbohidrat dalam menu makan bisa diganti dengan oatmeal. Anda juga bisa menambahkan biji-bijian utuh, daging tanpa lemak, dan ikan. Perbanyak juga porsi sayuran, kalau bisa melebihi porsi karbohidrat yang diasup.

Pengolahan ikan maupun daging tanpa lemak pun perlu diperhatikan. Usahakan mengolahnya dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak. Kalaupun terpaksa digoreng, gunakan minyak sehat tanpa lemak jenuh seperti canola oil atau minyak zaitun. Dengan rutin mengonsumsi menu diet sehat di atas disertai dengan olahraga yang teratur, dapat dipastikan berat badan Anda turun sesuai harapan dan pastinya lebih sehat dan aman.

Pola Makan Menu Diet Sehat

Berikut adalah daftar menu makanan untuk diet pagi, siang dan malam yang dianjurkan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

1. Menu Makan Pagi

Apabila sarapan nasi dipagi hari, dapat diganti dengan oatmeal atau roti. Oatmeal dapat dibeli di minimarket, makanan ini dapat dimakan dengan susu atau yoghurt. Cukup dengan makan oatmeal 2 hingga 3 sendok setiap pagi. Anda juga dapat mengganti nasi dengan roti ditambah dengan selai buah. Sarapan 2 roti biasanya sudah kenyang. Apabila belum, bisa makan 3 roti dan jangan lebih dari itu.

2. Menu makan Siang

Untuk menu makan siang dapat makan nasi dan dianjurkan nasi merah karena memberikan rasa kenyang dibandingkan dengan nasi putih. Mengurangi porsi nasi dan disarankan untuk dikurangi setengah dari posri sebelum diet. Karbohidrat sangat diperlukan tubuh meskipun sedang melakukan diet. Untuk lauk, dapat menambahkan telur dan sayuran. Untuk nutrisi tubuh dari kacang-kacangan dapat menambahkan tempe.

3. Menu Makan Malam

Pada menu makan malam dilarang makan nasi dan roti. Menu makanan diganti dengan buah-buahan apapun kecuali alpukat dan durian tanpa tambahan susu maupun yoghurt. Buah tersebut tidak boleh dimakan karena mengandung tinggi lemak sehingga diet tidak berhasil. Untuk buah yang disarankan adalah pisang, semangka, pepaya, apel atau melon.

Itulah menu diet sehat, semoga tips diet tersebut dapat berhasil menurunkan berat badan anda sesuai dengan apa yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here