Cara Diet OCD Dengan Benar Untuk Hasil Maksimal

0
Cara diet OCD Deddy Corbuzier (Foto: timlo.net)
Cara diet OCD Deddy Corbuzier (Foto: timlo.net)

Salah satu metode diet yang sedang ramai dicoba oleh masyarakat di Indonesia adalah diet OCD. Didesain oleh Deddy Corbuzier yang berbadan atletis, diet ini tidak sulit ternyata! Apalagi bagi anda yang sudah sering berpuasa, kenapa? Yuk kita simak cara diet OCD berikut ini.

Deddy Corbuzier sudah lama menjalani diet dengan metode puasa selama bertahun-tahun dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Deddy mendesain puasa selama beberapa jam kemudian “berbuka puasa” yang disebut “jendela makan” selama beberapa jam pula.

Cara Diet OCD

Diet OCD merupakan salah satu diet yang saat ini sedang populer. Diet ini diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier yang terinspirasi dari seorang sopir yang berasal dari Hongkong. Supir yang sudah berumur 72 tahun memiliki badan yang sehat dan bugar. Setelah diselidiki ternyata orang tersebut melakukan pola makan di waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk jenis Diet OCD ini duperbolehkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan apapun. Yang membedakan dengan diet lainnya adalah waktu makan yang telah ditentukan. Selain waktu tersebut tidak boleh mengkonsumsi makanan kecuali air tawar. Berikut cara diet OCD dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Bebas Makan 8 jam Puasa 16 jam (Level 1)

Cara pertama dengan bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam. Maksudnya boleh makan apa saja selama 8 jam dan puasa selama 16 jam. Misal diet level 1 dilakukan mulai dari jam 8 pagi maka anda boleh makan apa saja hingga jam 4 sore. Setelah jam 4 sore makan anda harus puasa selama 16 jam dan hanya boleh minum air tawar saja yang artinya anda bebas makan jam 8 pagi di hari berikutnya.

Lakukan diet ini selama 2 minggu agar tubuh anda dapat menyesuaikan terlebih dahulu. Apabila tahap ini dapat dilewati anda dapat ke level diet selanjutnya. Level berikutnya jangka waktu puasa lebih lama dibandingkan dengan level sebelumnya.

2. Bebas Makan 6 jam Puasa 18 jam (Level 2)

Perbedaan yang tampak pada level 2  adalah waktu durasi makan dan puasa. Untuk level ini waktu bebas makan di kurangi 2 jam sedangkan waktu puasa di tambah 2 jam sehingga total waktu bebas makan dan puasa tetap sama yaitu 24 jam.

Peraturan yang yang dipakai dalam level 2 sama seperti level sebelumnya. Apabila memasuki jam puasa hanya boleh mengkonsumsi air tawar saja. Apabila dimulai dari jam 8 pagi makan hanya boleh makan bebas hingga jam 2 siang dan puasa selama 18 setelah jam 2 siang dan boleh makan lagi jam 8 pagi. Lakukan diet ini selama 2 minggu, apabila bisa tercapai lanjut ke level selanjutnya.

3. Bebas Makan 4 jam Puasa 20 jam (Level 3)

Pada Level 3 waktu bebas makan lebih singkat dibanding dengan level 1 dan level 2. Yang sebelumnya di level 1 hanya boleh makan bebas selama 8 jam dan level 2 makan bebas selama 6 jam maka di level 3 lebih singkat yaitu 4 jam. dan waktu puasa ditambah menjadi 20 jam.

Apabila anda belum bisa melewati level sebelumnya jangan langsung ke level 3 karena tidak dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Sama seperti level sebelumnya apabila pada jam puasa anda hanya boleh mengkonsumsi air tawar. Lakukan diet ini selama 2 minggu.

4. Puasa Selama 24 jam (Level 4)

Pastinya anda akan merasa aneh mendengarnya. Yang dimaksud engan puasa 24 jam adalah anda bebas makan di jam manapun. Misal anda makan bebas jam 8 pagi makan anda hanya boleh makan bebas pada jam 8 pagi pada hari berikutnya dan hanya boleh minum air mineral selama 24 jam puasa.

Untuk puasa 24 jam dianjuarkan untuk mengkombinasikan dengan level sebelumnya yaitu level 1, level 2, level 3. Misal selama 2 minggu menggunakan level 1 maka dikombinasikan dengan level 4 selama 2 kali seminggu. Selama diet anda juga boleh melakukan olahraga ringan seperti joging.

Makanan Yang Baik Agar Cara Diet OCD Berhasil

Apabila anda sudah melakukan cara diet OCD diatas tentunya makanan yang dikonsumsi harus memliki nutrisi yang cukup meskipun anda bebas mengkonsumsi makanan apapun. Agar mandapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk mengkonsusmsi makanan yang mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berikut adalah menu diet sehat yang disarankan dalam diet ocd.

1. Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting bagi tubuh karena karbohidrat digunakan sebagai sumber energi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat 50% hingga 60% dari kebutuhan kalori tubuh. Saat melakukan diet OCD jenis makanan karbohidrat yang dapat anda konsumsi diantaranya adalah kacang-kacangan dan roti gandum. Selain makanan jenis tersebut, anda juga bisa mengkonsumsi nasi.

2. Protein

Saat melakukan diet OCD anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makan yang mengandung protein dengan rendah lemak jahat serta kolesterol. Makanan yang mengandung protein diantaranya adalah dada ayam tanpa kulit, ikan, telur rebus, dan lain sebagainnya. Apabila anda mengkonsumsi makanan berprotein usahakan diolah menggunakan minyak goreng karena memiliki kandungan lemak jahat yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

3. Lemak Baik

Selain lemak jahat ada juga lemak baik yang baik bagi tubuh kita sehingga tidak menimbulkan efek yang buruk. Contoh lemak baik adalah telur, ikan, kacang-kacangan dan lain sebaginya. Makanan tersebut bisa dikombinasikan dengan menu makanan lainnya sehingga saat melakukan diet OCD dapat menghasilkan hasil yang baik.

4. Vitamin

Nah vitamin juga sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Di sekolah tentunya anda pernah mempelajari tentang fungsi vitamin untuk kesehtan tubuh. Sebagai contoh vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan masih banyak vitamin lainnya. Berikut beberapa contoh buah-buahan yang mengandung beraneka raga vitamin apel, pisang, mangga, anggur, pir, pepaya dan lain sebaginya.

5. Air dan mineral

Air merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi tubuh. Apabila kekurangan air makan tubuh bisa dehidarasi. Sehari disarankan untuk mengkonsumsi air 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selain air tubuh juga membutuhkan mineral, magnesium, fosfor, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara diet ocd. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan diet ocd ini. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini dan berikan komentar anda. Ikuti kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here