Apabila Ada Tanda-Tanda Ini, Kemungkinan Ponsel Disadap

0
smartphone (bullguard.com)
smartphone (bullguard.com)

Kasihberita.com – Smartphone saat ini menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat modern, alat ini sangat praktis untuk melakukan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari foto, komunikasi berupa pesan gambar maupun teks.

Dengan adanya kabar bahwa ponsel disadap oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya, pastinya pengguna smartphone khawatir apabila informasi pribadi dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ponsel disadap memiliki tanda-tanda tertentu, untuk itu penggunanya harus mengetahui tanda-tanda tersebut. Bagaimana proses penyadapan dapat dilakukan dan bagaimana cara mengetahui perangkat yang digunakan tidak disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab ? Seperti yang dilansir oleh perusahaan keamanan Bull Guard, perangkat yang disadap memiliki tanda-tanda sebagai berikut.

Suara-suara mengganggu

Apabila dalam berkomunikasi terdengar suara yang menggangu, kemungkinan anda sedang disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Atau kemungkinan kualitas sinyal jelek.

Kapasitas baterai menurun

Ketika baterai turun secara derastis, kemungkinan anda sedang disadap, karena kinerja perangkat meningkat, melakukan proses perekaman percakapan dan dikirim ke penyadap. Perekaman tidak hanya dilakukan saat perangkat digunakan, pada kondisi idle juga dapat merekam percakapan. Kemungkinan lain apabila baterai cepat habis adalah baterai rusak.

Proses shutdown berlangsung lebih lama

Apabila pada waktu mematikan smartphone berlangsung lama, kemungkinan perangkat tersebut sedang mengirim data ke penyadap, karena proses tersebut membutuhkan waktu lebih dari pada mematikan dalam keadaan normal. Atau kemungkinan lain smartphone anda menjadi lemot karena menginstall banyak aplikasi.

Menerima teks aneh

Apabila menemui pesan teks aneh yang berisikan nomor, simbol maupun karakter acak, perlu diwaspadai, karena bisa jadi pesan tersebut untuk memata-matai smartphone anda.

Penggunaan data meningkat

Aplikasi mata-mata memerlukan data untuk megirimkan informasi dari smartphone yang disadap. Apabila penggunaan data bulanan meningkat dari penggunaan normal, anda perlu waspada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here