Apa Itu Kimchi dan Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

0
apa itu kimchi
Kimchi (Foto: http://humblehouse.co)

Pada halaman utama Google terlihat doodle berupa sayur, bumbu dan bahan masakan yang membentuk tulisan Google. Saat diklik, pengunjung dibawa ke pencarian mengenai Kimchi. Apa itu Kimchi? Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional khas Korea.

Perayaan Kimchi di negara korea diperingati pada tanggal 22 November. Makanan khas tradisional korea ini telah menjadi makanan favorit dari sebagian masyarakat luas di belahan dunia. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu kimchi, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kimchi ?

Kimchi merupakan makanan asinan dari bahan sayur yang difermentasikan dan diberi bumbu pedas. Bahan baku utama Kimchi adalah kubis yang difermentasikan dengan berbagai campuran bahan lainnya seperti kecap ikan, bawang putih, serpihan paprika merah, jahe, tepung beras, garam, wortel dan lobak.

Makanan khas korea ini di fermentasi di dalam Onggi yang merupakan tempat penyimpanan yang terbuat dari tanah liat, makanan ini disajikan bersama dengan makanan pelangkap lainnya dan cara memakannya menggunaka sumpit.

Apa Manfaat Kimchi Bagi Tubuh ?

Setelah mengetahui apa itu kimchi, sekarang saatnya mengetahui apa manfaat kimchi bagi kesehatan? berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Bernutrisi Tinggi

Kandungan nutrisi yang dimiliki Kimchi sangat tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan. vitamin yang terkandung antara lain A, B1, B2 dan C, selain itu, makanan tradisional ini juga kaya akan asam amino, serta memiliki kalori rendah dan berserat tinggi.

2. Mengatur Kolesterol

Bagi yang bermasalah dengan kolesterol dalam mengkonsumsi kimchi, karena makanan ini dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, sebab terdapat selenium dan allicin, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke.

3. Bersifat Antioksidan

Kimchi juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya karena memiliki anti oksidasi. Makanan tradisional korea ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif karena sifat oksidasi yang dimilikinya.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi membuat cepat kenyangm sehingga dapat mengurangi napsu makan, selain itu juga kimchi terdapat bakteri lactobacillus yang bermanfaat bagi tubuh dan baik dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

5. Anti Penuaan

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, makanan ini dapat berfungsi sebagai anti penuaan. Dalam studi penelitian Kimchi dapat mengurangi stress oksidatif yang ada didalam sel tubuh, serta dapat menghambat peroksidasi molekul yang terdapat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari Kimchi dan apa itu Kimchi? semoga dapat menjelaskan bagi pembaca yang belum mengetahuinya. Kunjungi kasihberita.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here