Tempat Wisata Di Cirebon Yang Bagus

0
Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon (Foto: piknikyok.com)

Kota Cirebon merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis letaknya berada di pesisir utara Pulau Jawa. Wilayah ini juga kerap disebut sebagai jalur pantura atau pantai utara. Wilayah ini juga menjadi salah satu jalur utama penghubung antara tiga kota yaitu Jakarta, Semarang dan Surabaya. Menariknya, ada banyak tempat wisata di Cirebon yang sayang bila tidak dikunjungi saat liburan tiba.

Tempat wisata di Jakarta juga banyak yang bagus untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata sejarah Monas. Monumen Nasional merupakan tungu yang dibuat untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dimasa penjajahan. Dibagian atas Monas terdapat emas yang berbentuk lidah api.

Tempat Wisata di Cirebon

Penasaran dimana saja tempat wisata di Cirebon dan apa keistimewaan spot wisata tersebut? Berikut adalah ulasannya:

1. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin
Wanawisata Ciwaringin (Foto: tempatbogorwisata.wordpress.com)

Salah satu tempat wisata yang ada di kota Cirebon ialah Wanawisata Ciwaringin. Spot wisata tersebut terletak di Desa Ciwaringin. Salah satu keistimewaan dari tempat wisata ini ialah rindangnya pepohonan kayu putih. Di sini para pengunjung bisa menikmati alam dengan berjalan kaki dan berswafoto di bawah pohon kayu putih.

Wanawisata Ciwaringin biasanya ramai dikunjungi pada saat liburan atau hari Minggu. Satu lagi yang menarik dari tempat wisata Wanawisata Ciwaringin ialah adanya spot memancing yaitu Danau Ciranca. Jadi, Anda bisa menyegarkan pikiran sambil memancing di danau tersebut. Di sini ternyata juga menyediakan area khusus untuk pertandingan motor cross lho!

2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi (Foto: wisatacirebon.org)

Bosan berwisata di spot wisata yang itu-itu saja? Jangan khawatir, di Cirebon Anda bisa menemukan spot wisata bersejarah yang bagus. Spot wisata tersebut ialah Taman Sari Gua Sunyaragi. Lokasinya berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Tahukah Anda nama taman sejarah ini berasal dari dua kata dalam Bahasa Sansekerta yaitu sunya yang diartikan sebagai sepi dan ragi yang memiliki arti raga. Konon, lokasi wisata ini dahulu kala digunakan oleh keluarga dan raja dalam mencari ketenangan.

Apa yang bisa kita temukan ketika mengunjungi tempat wisata di Cirebon, Taman Sari Gua Sunyaragi? Di lokasi tersebut para wisatawan bisa mengunjungi bangunan lawas yaitu gua dan pesanggrahan. Di dalam pesanggrahan sendiri terdapat beberapa ruangan yang bila dilihat sekilas mirip seperti ruang tidur dan ruang rias keluarga kerajaan.

Salah satu daya tarik dari spot Taman Sari Gua Sunyaragi ialah bangunan gua yang sekilas bila dilihat dari luar mirip seperti candi. Sementara bagian dalam gua terdapat banyak lorong dengan bentuk mirip labirin. Pengunjung juga bisa beristirahat di bawah rindangnya pepohonan. Di sekitar tempat wisata tersebut juga terdapat saung kecil yang bisa dimanfaatkan untuk membeli makanan maupun souvenir khas kota Cirebon.

Dari tempat wisata di Cirebon di atas, manakah yang pas untuk Anda kunjungi akhir pekan ini? Eits, jangan lupa untuk memasukkan spot wisata tersebut ke dalam daftar kunjungan wisata Anda bersama keluarga ya! Ikuti kasihberita.com untuk mendapatkan berita terkini tentang wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here