Manfaat Daun Salam

Tanaman salam kerap kali kita lihat pada kebun maupun perkarangan rumah sekitar. Banyak masayrakat yang masih belum paham betul manfaat dari daun salam. Fungsi daun salam sendiri digunakan sebagai bumbu masakan agar lebih sedap. Ternyata, Kandungan dan vitamin yang terdapat dalam daun salam terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Daun salam juga sangat baik digunakan untuk pengobatan karena menggunakan bahan yang alami. Tertarik untuk mengetahui manfaat daun salam baah? Simak terus artikel di bawah ini mengenai manfaat daun salam.


Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari kalori,rotein,vitamin serta mineral semua terdapat dalam daun ini. Jika semua kandungan tersebut terserah dalam tubuh maka sangat membantu mengatasi segala penyakit. Terlebih untuk vitamin serta mineral yang lebih mengedepankan kepada fungsinya. Tubuh anda menjadi lebih sehat dan kuat menjalani aktivitas sehari hari. Untuk itu, anda perlu mengetahui apa saja khasiat air rebusan daun salam. Berikut akan kami bahas lebih jelasnya mengenai manfaat daun salam wajib diketahui.

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Terdapat beberapa manfaat yang dihasilkan dari menggunakan daun salam untuk kesehatan tubuh anda. Berikut manfaatnya antara lain :

1. Membasmi kutu rambut

Kutu rambut merupakan salah satu parasit yang harus segera di basmi. Kutu rambut menyebabkan kulit kepala menjadi rusak dan gatal setiap saat. Untuk menghilangkan kutu rambut sendiri cukup susah. Kini, anda dapat menggunakan daun salam untuk membasminya. Rebus terlebih dahulu daun salam menggunakan air secukupnya. Kemudian, air rebusan daun salam di gunakan untuk keramas. Sebelum melakukan keramas, pastikan anda sudah membersihkan bagian kepala. Lakukan metode ini 3 hari sekali agar kutu cepat hilang.

2. Mencegah adanya ketombe dan rambut rontok

Kulit kepala dan kesehatan dari rambut harus tetap dijaga. Keduanya membutuhkan nutrisi dan gizi yang tinggi agar sehat. Daun salam, memiliki banyak vitamin C yang membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Penggunaanya sendiri sangatlah mudah. Buat air bilasan yang berasal dari daun salam. Kemudian, usapkan secukupnya pada bagian yang diperlukan. Tunggu sampai kering dan bilas menggunakan air bersih. Daun salam manfaat mengatasi ketombe sudah terbukti ampuh.

3. Menggobati batu ginjal

Masalah berupa batu ginjal merupakan penyakit yang cukup serius. Penderita akan mengalami kesakitan pada bagian pinggang. Hal ini sebabkan adanya ginjal yang tidak berfungsi dengan baik. Ginjal yang tidak bekerja dengan baik bisa jadi karena ada kotoran yang mengendap dan membentuk seperti batu. Untuk itu, diperlukan tindakan agar batu ini hilang lebih cepat. Daun salam, terbukti dapat menghilangkan batu ginjal. Didihkan daun salam dan air secukupnya. Kemudian, saring dan gunakan air tersebut sebagai ramuan efektif penghilang batu ginjal.

4. Pengobatan penyakit asam urat

Asam urat disebabkan karena danya kandungan zat purin yang mengumpal dan menumpuk pada tubuh. Untuk menghilangkan zat ini anda dapat menggunakan daun salam. Daun ini merupakan daun untuk menurunkan asam urat cepat. Cara penggunaanya dengan merebuskan 10 helai daun salam.  Kemudiaan tunggu sampai daun salam kering dan saring. Air rebusan ini wajib dikonsumsi setiap hari untuk pengobatan asam urat.

5. Solusi ganguan pernafasan

Gangguan pernafasan seperti flu,pilek,dan batuk dapat dengan mudah diatasi menggunakan daun salam. Cara menggunakan daun salam yaitu dengan memanaskan terlebih dahulu daun salam menggunakan air panas. Tunggu sekitar 5-8 menit agar daun salam menjadi panas. Setelah itu, daun salam yang sudah panas di letakkan pada bagian dada anda sampai benar benar dingin. Hal ini telah terbukti dapat mengatasi gangguan pernafasan lebih cepat.

6. Menyembuhkan diabetes

Kadar gula yang cukup tinggi pada tubuh membuat diri anda terkena diabetes. Akibat yang ditimbulkan dari adanya diabetes ini cukup membuat tubuh anda menjadi lebih mudah letih. Untuk itu, dibutuhkan nutrisi serta gizi yang mencukupi agar kadar gula dalam tubuh lebih stabil. Manfaat rebusan daun salam untuk diabetes terbukti mampu menstabilkan kadar gula dalam tubuh dengan jangka waktu yang singkat. Konsumsi dpaat dilakukan berbagai cara baik untuk makanan maupun air rebusan dari daun salam itu sendiri.

7. Mencegah penyakit kanker

Kandungan dari daun salam berupa quercetin dan catechin memiliki sifat yang membantu dalam penanganan berbagai macam jenis kanker. Daun salam sendiri banyak dijadikan obat terbaik solusi pencegahan penyakit. Untuk kanker yang masih dalam stadium awal dapat dilakukan pencegahan agar tidak menyebar. Konsumsi daun salam dengan cara melakukan perebusan daun salam secukupnya. Cukup rebus sampai 5-8 daun salam. Aturan minum daun salam dilakukan 1 hari 2 kali. 

8. Membersihkan gigi 

Daun salam dahulu lebih banyak digunakan sebagai ramuan tradisional membuat gigi menjadi lebih putih. Kandungan kalsiumnya baik untuk membuat gigi menjadi lebih kuat. Caranya yaitu dengan membuat ramuan dari kulit jeruk dan daun salam. Keringkan terlebih dahulu keduanya. Setelah itu, haluskan sampai membentuk pasta. Cara ini lebih baik digunakan dalam jangka waktu yang sesuai. Tidka di anjurkan untuk digunakan setiap hari. Hal ini justru menjadikan gigi anda lebih mudah rusak dan keropos. Gunakan metode ini secukupnya saja.

9. Solusi diet terbaik

Tahukah anda bahwa daun salam dapat digunakan dalam solusi untuk diet yang lebih sehat. Diet dengan daun salam merupakan metode terbaik. Ditambah, untuk proses konsumsinya sendiri sangatlah mudah. Cukup rendam 20 lembar daun salam dan rebus menggunakan 3 gelar air bersih. Setelah itu, pastikan bahwa daun benar benar kering. Kemudian lakukan penyaringan dari bahan tersebut agar menghasilkan air rebusan yang baik. Konsumsi secara rutin 2 gelas setiap hari pada pagi dan sore hari agar lebih kencang.

10. Menurunkan darah tinggi


Stress menjadikan tekanan diri anda tinggi dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyebaran virus. Namun, kini anda dapat mengurangi darah tinggi menggunakan daun salam. Caranya cukup mudah, rendah daun salam bersama dengan 3 gelas air panas. Tunggu daun salam sampai mengering. Setelah itu, saring daun salam dan pisahkan antara air dan kotorannya. Air inilah yang dapat anda konsumsi untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Tidak ada efek samping daun salam selama dikonsumsi dengan benar.

11. Pengobatan diare

Penyakit diare disebabkan karena adanya virus yang menyerang bagian dalam tubuh terutama pada pencernaan. Seluruh makanan tidak dapat disaring antara gizi dan kotorannya. Akibatnya, kotoran yang tidak diperlukan justru masuk dalam tubuh. Hal ini menjadikan diri anda mudah letih dan lesu. Untuk mengatasinya dapat menggunakan daun salam. Terbukti dengan mengunakan air rebusan daun salam penyakit diare akan lebih mudah hilang.

Sudah terbukti bahwa manfaat daun salam untuk kesehatan anda sangatlah banyak. Terlebih, daun ini sangat mudah ditemukan baik di lingkungan sekitar maupun di pasaran. Pastikan untuk menggunakan bahan herbal terlebih dahulu untuk proses pengobatan. Selamat mencoba !

0 Response to "Manfaat Daun Salam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel