Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe yang berlebihan tentunya sangat mengangu beragam aktivitas anda. Terlebih, untuk rasa percaya diri yang mungkin akan berkurang saat terdapat ketombe.  Banyak sekali produk di pasaran yang menawarkan berbagai solusi dalam basmi ketombe. Mulai dari sampo hingga vitamin rambut untuk mengatasi ketombe. Namun, tidak semua sampo tersebut cocok dengan tubuh anda. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan bahan yang alami agar lebih aman. Cara mengatasi ketombe yang parah dapat dengan mudah menggunakan bahan alami. Simak ulasan lebih lengkapnya mengenai cara menghilangkan ketombe paling ampuh.



Bahan alami lebih mudah ditemukan dan tentunya sangat amansebagai cara atasi ketombe. Penggunaan bahan alami sebagai obat dalam mengatasi adanya ketombe yang berlebihan sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Cara ini dirasa lebih menghemat serta terbukti ampuh jika dilakukan sesuai dengan prosedurnya. Untuk itu, anda perlu mengetahui bahan apa saja yang sering digunakan dalam cara menghilangkan ketombe membandel. Kami akan mengulas lebih lengkap cara menghilangkan ketombe dengan sangat mudah.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Terdapat berbagai macam bahan yang sering digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe dengan mudah. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Minyak zaitun

Minyak yang satu ini dihasilkan dari ekstrak buah zaitun murni. Minyak tersebut biasa digunakan untuk produk kecantikan. Banyak sekali kandungan yang membantu untuk mengatasi berbagai macam masalah pada tubuh termasuk ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun sudah terbukti sangat ampuh. Dengan menggunakan minyak zaitun maka lapisan kulit dan sel rambut akan lebih sehat. Penggunaanya sendiri dalam cara basmi ketombe sangat mudah yaitu :

a. Siapkan minyak zaitun murni

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan minyak zaitun sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk menggunakan minyak zaitun yang murni dan dapat anda beli di supermarket terdekat.

b. Bersihkan rambut

Sebelum melakukan proses intinya, maka terlebih dahulu bersihkan rambut. Untuk pembersihan sendiri dapat dilakuan dengan menggunakan air hangat. Selain untuk menetralisir kuman, air hangat juga berfungsi untuk membuka pori pori.

c. Oleskan pada rambut

Berikutnya, lakukan pengolesan dari minyak yang telah di siapkan dengan lembut. Terlebih, oleskan pada bagian yang lebih kering seperti kulit dari rambut. Setelah itu, pijat secara perlahan dan merata pada semua bagian termasuk rambut agar minya zaitun semakin meresap. Jika sudah, diamkan selama 25 menit.

d. Bilas menggunakan air

Langkah terakhir, lakukan pembilasan dengan menggunakan air bersih secukupnya. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk yang masih bersih atau berbeda dari handuk yang bisa dipakai. Lakukan cara ini minimal 4 hari sekali agar lebih sehat.

2. Menggunakan jeruk nipis

Tahukah anda bahwa jeruk nipis selain digunakan untuk makanan juga dapat berfungsi sebagai ramuan dalam cara cepat hilangkan ketombe. Kandungan vitamin C didalam buah ini sangat baik untuk membentuk dan memperbaiki sel rambut. Ditambah, bahan alami yangs atu ini sangat mduah ditemukan terutama di pasar swalayan. Berikut tata cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis :

a. Bersihkan jeruk nipis

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memberihkan jeruk nipis dengan menggunakan air bersih. Selain itu, pembersihan juga dapat menggunakan sabun cuci buah. Bersihkan sampai tidak ada kotoran yang tertinggal.

b. Potongan jeruk nipis

Kemudian, untuk menghasilkan air dari jeruk nipis ini, anda dapat memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Agar air menjadi lebih banyak, maka untuk proses pemotongan dilakuan tidak lurus dengan garis jeruk nipis. Melainkan arah berlawanan dari garis.

c. Gosokan jeruk

Proses selanjutnya yaitu menggosokan jeruk nipis yang tela dibelas menjadi dua bagian sampai menyentuk kulit kepala. Pasti juga agar air dari ejruk nipis ikut kelaur saat melakukan pengosokan. Selanjutnya, tunggu hingag 5 – 10 menit.

d. Bersihkan dengan air

Terakhir, anda perlu melakkan pembersihan dengan menggunakan air hangat. Selalu pastikan untuk tidak ada sisa dari jeruk nipis yang masih tertinggal. Gunakan cara ini minimal 1 minggu sekali.

3. Memakai cuka

Metode berikutnya dalam cara menghilangkan ketombe yaitu dengan menggunakan cuka. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka dirasa lebih aman dan mudah dilakukan. Cuka memiliki kandungan yang bersifat abrasif yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Berikut cara penggunaan dari cuka pada rambut.

a. Siapkan wadah

Pertama, siapkan wadah yang dapat digunakan untuk menuangkan cuka secukupnya. Tuangkan cuka secukupnya kira kira 2-4 sendok makan.

b. Oleskan menggunakan kapas

Karena cuka ini memiliki sifat yang abrasif maka disarankan untuk menggunakan kapas. Oelskan apda semua bagian rambt termasuk denga kulit kepala sampai benar benar merata. Pastikan untuk tidak mengenai organ mata.

c. Tunggu dan bilas

Selanjutnya, tunggu kurang lebih 5 menit dan lakukan pembilasan dengan menggunakan air hangat. Sangat proses pembilasan anda dapat menambahkan pijatan kecil di seluruh bagian kulit agar sel kulit mati dapat benar benar bersih.

4. Garam beryodium

Selain digunakan untuk penyedap rasa pada makanan, garam juga terbukti ampuh digunakan dalam menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan garam memiliki resiko yang lebih rendah namun tetap menjamin keampuhannya. Cara ini telah banyak digunakan oleh masyarakat dari jaman dahulu. Cara pemakaianya  yaitu :

a. Gunakan garam beryodium

Garam yang digunakan yaitu harus memiliki kandungan yodium. Kandungan ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dengan cepat. Anda dapat menemukan garam tersebut di gerai toko sembako terdekat.

b. Basahi kepala dan taburkan secukupnya

Selanjutnya, basahi kepala anda dengan air dingin. Air dingin akan membantu untuk mengontrol kadar minyak yang keluar. Setelah itu, taburkan garam pada seluruh bagian kepala secukupnya.

c. Pijat dengan perlahan

Kemudian, lakukan proses pemijatan dengan perlahan termasuk pada bagian kulit kepala. Proses ini daat dilakukan secukupnya minimal 5 menit. Setelah itu, tunggu hingga rambut kering.

d. Lakukan pembersihan

Proses terakhir, lakuakan pembersihan dengan menggunakan air hangat agar seluruh kotoran terangkat dengan mudah. Cara menghilangkan ketombe cepat dengan garam terbukti lebih efektif.

5. Bawang putih

Kandungan bawang putih bersifat menghangatkan dan sangat baik untuk proses menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih dirasa lebih aman dan sangat mudah. Berikut tata cara menggunakannya :

a. Haluskan bawang putih

Pertama, anda erlu menghaluskan bawang putih secukupnya. Proses penghalusan sendiri dapat menggunakan blender.

b. Oleskan pada rambut

Berikutnya, lakukan pengolesan pada rambut terutama bagian kulit kepala. Proses pengolesan dilakukan secara mertaa ke semua area rambut dan kulit kepala yang terdapat ketombe.

c. Bersihkan dengan air

Langkah terakhir yaitu melakuan proses pembersihan dengan menggunakan air hangat ditambah dengan sedikit pijatan. Lakukan sampai benar benar bersih.

Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami akan memberikan kemudahan dalam prosesnya. Jadi, tunggu apa lagi ? Cobalah sekarang juga.

0 Response to "Cara Menghilangkan Ketombe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel