Cara Menghitung Masa Subur

Mungkin banyak dari anda yang masih belum paham bagaimana untuk menghitung masa subur wanita. Hal ini sangat diperlukan unuk menghasilkan pembuahan yang tepat dengan kebutuhannya. Pembuahan dapat dilakukan jika memang sedang dalam masa subur tepat. Proses pembuahan sendiri sangat dipengrauhi dari sang wanita. Apakah wanita tersebut sedang dalam masa yang subur dan siap untuk menerima pembuahan atau tidak. Untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Artikel ini akan membahas lengkap cara menghitung masa subur.



Ketidakpastian dari cara hitung hamil ini dapat mengakibatkan kurangnya ilmu pengetahuan anda. Terutama untuk anda yang masih dalam bentuk pengantin baru. Perlunya pengetahuan untuk menghitung masa subur agar dapat menyesuaikan dengan siklus pembuatanya. Jadi, apakah anda sudah ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara kalkulator menghitung masa subur? Simak lebih lengkapnya dibawah ini mengenaic ara menghitung masa subur wanita yang wajib anda ketahui.

Beberapa Cara Menghitung Masa Subur

Tersedia beberapa cara hitung kehamilan wanita anda. Berikut cara lebih lengkapnya akan kami sampaikan dibawah ini.

1. Menggunakan kalender ovulasi

Cara hitung masa kehamilan ini dirasa lebih tepat dan cepat. Memang bukanlah metode yang paling epat, namun setidaknya akan memepermudah anda dalam proses pencarian masa subur serta bermanfaat. Proses dasar dari penggunaanya yaitu melakukan pelingkaran pada setiap sesinya. Berikut cara lebih lengkapnya :

a. Lingkari setiap sesi

Setiap anda melakukan menstruasi maka lingkari tanggalan dengan menggunakan spidol berwarna merah. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui dimana saja proses anda pertama kali mengalami meenstruasi. Terus lakukan pencatatan siklus menstruasi ini dengan lengkap minimal 8 siklus. Semakin lama anda melakukan pencatatan maka akan semakin akurat pula kalender yang digunakan.

b. Buat tabel durasi siklus

Berikutnya, anda dapat membuat tabel berupa durasi dari siklus yang terjadi. Penulisan harus dengan tepat dan sesuai pada kalender yang telah dilingkari. Hl ini untuk membuat perkiraan antara jarak siklus menstruasi anda. Lakukan hal ini sesuai apda sesi lingkaran kalender anda. Seperti misalnya anda haid tangga 13 kemudian mulai haid lagi tanggal 23 bulan berikutnya. Mkaka, tinggal dikurangi saja antara tangga 23 sampai dengan tanggal 13.

c. Tabel untuk perkiraan

Terakhir, tabel yang telah dibuat tadi akan dijadikan sebagai perkiraan. Cukup dengang mengurangi tanggald ari seelsai dikurnagi tanggal pertama kali haid. Setelah itu, akan terdapat angka yang berupa jarak dari masa menstruasi anda. Samakan dengan kalender yang teleh dilingkari. Jika cocok maka disitulah masa subur untuk hamil.

2. Pahami mengenai lendir serviks

Lendir serviks yaitu berupa perlindungan di daam serviks yang akan berubah ubah sesuai dengan siklus anda. Tubuh akan menghasilkan elndir ini sekitar masa ovulasi akan berlangsung. Lendir ini berguna untuk membantu dalam pembuahansel telur. Berikut tata cara untuk memahami pola dari lendir serviks.

a. Mencatat pola lendir

Ha pertama yang dapat anda lakukan yaitu mencatat pola dari lendir ini. Apakah kering, basah dan sebagainya. Tetap pastikan bahwa pola yang digunakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut beberapa proses yang harus anda catat.

•    Catatlah hari pertama anda mengalami menstruasi , beserta saat lendir serviks kering, kental serta basah.
•    Ciri lendir masa subur akan lebih kental dan jernih.
•    Selain memahami teskturnya, pahami juga akan perubahan dari warna dan baunya lendir. Apakah lendir ini berwarna keruh atau jernih.
•    Buatlah catatan ini dengan serinci anda, terutama untuk bulan pertama saat anda mulai melakukannya.
•    Beberapa hal dapat mempengaruhi lendir ini seperti obat, kondisi, infeksi serta menyusui. Jadi pastikan untuk menghindari hal tersebut terlebih dahulu.

b. Kenali pola lendir serviks

Saat masa ovulasi sedang berjalan dengan baik maka lendir ini akan menghasilkan tekstur yang lengket. Selanjutnya, kemungkinan besar yang terjadi yaitu lendir menjadi lebih kering. Dan hal ini tentunya merupakan tingkat kesuburan yang rendah. Pastikan bahwa anda mengikuti pola lendir yang sesuai.

3. Melakukan pencatatan suhu basal

Tahukah anda bahwa waktu tersubur yaitu masa dimana sebelum terjadinya ovulasi. Suhu basal dapat diketahui dengan menggunakan termometer. Tingkat kesuburan akan terdapat dari suhu ini dengan hasil yang cukup tinggi. Termometer suhu basal dapat ditemukan di apotek terdekat. Berikut cara penggunaanya.

a. Lakukan pengukuran

Hasil dari pengukuran yang tepat dapat dilakuan langsung di sekitar vagina maupun rektrum. Namun, terdapat pula beberapa termometer suhu basal yang dapat diukur dari mulut. Lakukan pengukuran setiap waktu dengan secara rutin dan sesuai pada tempatnya. Pengukuran dapat dilakukan dengan sendiri, terpenting tetap lakukan sesuai dengan prosedurnya.

b. Suhu yang tepat

Untuk suhu dari masa subur sendiri anatra 35 sampai denan 36 derajat celcius. Dengan begitu, anda harus menemukan masa dimana suhu ini terjadi. Masa ini merupakan masa subur wanita untuk mengalami pembuahan. Tetap perhatikan kondisi anda akrena kondisi sangat mempengaruhi dari hasilnya.

c. Catat suhu yang keluar

Setiap hari, lakukanlah pengukuran ini untuk memberikan hasil yang lebih baik. Setiap suhu harian anda sudah pasti berbeda beda. Namun, pada kenyataanya hal yang mempengaruhi adalah kesehatan diri sendiri.

d. Perhatikan pola anda

Terakhir, tetap perhatian pola yang berjalan pada suhu anda. Selalu pastikan bahwa pola ini normal dan tidak ada penurunan setiap grafiknya. Jika terjadi, maka segeralah ubah gaya hidup anda untuk mneghasilkan pola yang ebih baik.

4. Tes ovulasi

Cara berikutnya untuk menghitung masa subur anda yaitu dengan melakuan tes ovulasi. Alat yang dibutuhkan juga tersedia di apotek terdekat. Ditambah, alat ini juga dijual bebas. Penggunaanya sendiri sangat mudah seperti halnya untuk melakukan cek pada kehamilan. Berikut hal yang perlu anda perhatikan.

a. Membeli alat tes

Anda perlu membeli alat tes ovulasi yang dapat mendeteksi kaar berupa luteniizing hormone. Kadar ini berguna untuk mengetahui peningkatan sebelum terjadinya voluasi pada diri anda. Tersedia beberapa jenis yang berguna untuk mengetahuinya. Seperti untuk melihat pola berupa fern maupun kadar esterogen yang terdapat dalam diri anda.

b. Manage cairan sebelum tes

Sama seperti proses pengecekan yang lainnya, Sebelum melakukan proses pengecekan ini, anda tidak diharus utnuk meminum cairan yang berwarna dan mengandung obat. Hal ini akan menurunkan kemurnian dari diri anda. Ditambah, cairan yang murni juga belum tentu dapat tepat hasilnya.  Cepat hamil setelah haid bisa saja terjadi jika memungkinkan.

c. Memahami hasil tes

Berikutnya, lakukan pemahaman yang tepat terhadap hasil tes anda. Garis yang berwarna sama pada garis kontrol berarti ada sedang mengalami masa ovulasi. Dan untuk garis yang kabur atau tidak jelas tentunya hal kebalikannya. Dengan begitu, cara hitung masa subur wanita menjadi lebih mudah.
Nah, begitulah beberapa cara menghitung masa subur wanita yang dapat anda coba. Ikuti semua prosedur sesuai dengan aturannya. Tetap menjaga kesehatan untuk hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba !

0 Response to "Cara Menghitung Masa Subur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel