Penjelasan Struktur Atom Secara Lengkap

0
Penjelasan struktur atom secara lengkap

Bermula dari pemahaman tentang pengertian atom, maka akan lebih mudah memahami tentang struktur atom. Lantas apa yang dimaksudkan dengan struktur pada atom dan bagaimana cara menghitung massa elektron ? Sebelum membahas massa elekton kita akan membahas struktur pada atom terlebih dahulu.

Struktur atom bisa diartikan sebagai partikel-pertikel dasar yang membentuk suatu kesatuan dan menyusun atom. Telah dikemukakan bahwasanya atom merupakan partikel dasar dan tidak mampu dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Bentuknya sangat kecil tidak memungkinkan untuk dapat dijangkau oleh penglihatan manusia.

Struktur Atom

Atom disusun oleh beberapa muatan, diantaranya muatan positif, negatif, maupun netral. Ketiga muatan tersebut ada karena pengaruh dari gaya elektromagnetik yang mengikat partikel tersebut.

Keterangan:

  1. Partikel bermuatan positif

Struktur ini disebut juga sebagai proton karena memiliki muatan positif (+1). Ukurannya lebih kecil dari elektron yakni 1/3 diameternya, namun massa proton 1840x kelipatannya. Proton ditemukan oleh Goldstein pada 1886.

  1. Partikel bermuatan negatif

Partikel ini dalam struktur atom bermuatan negatif dan disebut sebagai elektron (-1). Massanya sangat ringan (1/1840x proton-neutron). Elektron ditemukan oleh Thompson pada 1897.

  1. Partikel netral

Struktur yang berikut netral artinya tidak memiliki muatan sehingga disebut sebagai neutron. Massanya sama dengan gabungan massa proton dan elektron. Neutron ditemukan oleh Chadwik pada 1932.

Ketiga partikel diatas disebut sebagai partikel sub atom. Terdapat juga inti atom seperti pada gambar diatas, penyusun inti (nukleon) adalah proton dan neutron. Diameternya  berkisar antara 10-15 nm. Disamping itu, ada awan elektron merupakan daerah dimana terdapat elektron-elektron yang menghasilkan gelombang diam.

Apa itu Massa atom dan Nomor atom?

  1. Massa atom

Dalam strukturnya, massa atom dikenal sebagai nomor massa yakni jumlah dari seluruh partikel dasar suatu atom. Massa atom tergantung daripada jumlah proton maupun neutron dalam inti atom.

  1. Nomor atom

Nomor atom dalam pembahasan struktur atom adalah jumlah proton dalam suatu inti, ketika atom dalam zat berbeda jumlah protonnya tidak sama dalam intinya.

Demikian penjelasan mengenai struktur atom secara detail dan lengkap. Semoga penjelasan mengenai pelajaran kimia tentang materi ini dapat membuat anda semakin mudah mempelajari bahasan selanjutnya terkait dengan atom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here