Rachel Amanda dan Gejala Kanker Tiroid

0
Rachel Amanda saat ini sudah sembuh dari kanker tiroid. (Nurwahyunan/Bintang.com)

kasihberita.com, Jakarta – Rachel Amanda merupakan aktris yang sempat berakting di sejumlah sinetron dan filem sempat cemas dan khawatir setelah mengetahui bahwa dirinya terkena kanker tiroid, pada saat itu ia berusia 19 tahun.

Munculnya kanker tiroid yang dialami oleh Rachel belum dapat diketahui secara pasti. Namun seperti halnya penyakit kanker lain, faktor utama yang paling berpengaruh adalah faktor genetik dan gaya hidup. Semakin dini penyakit kanker dapat dideteksi maka semakin tinggi pula kesempatan untuk sembuh.

Gejala yang ditimbulkan oleh kanker tiroid pertama kali adalah terdapat sebuah benjolan atau rasa bengkak dibagian leher. Selain itu, gejala kanker mengakibatkan rasa sakit di bagian leher dan telinga. Gejala lainnya seperti kesulitan untuk bernafas dan batuk-batuk yang biasanya tidak disertai dengan flu.

Jika gejala-gejala tersebut terdapat pada anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli dibidangnya. Gejala tersebut bisa jadi bukan gejala kanker. Jika dapat dideteksi secara dini, maka dapat dicegah. Biasanya, kanker tiroid dapat dideteksi dengan menggunakan biopsi atau CT dan MRI Scan.

Rachel Amanda yang saat ini sedang kuliah di Universitas Indonesia di Fakultas Psikologi tetap harus menjaga kesehatan sebagai langkah pencegahan kanker agar tidak bertumbuh lagi. Saat ini Rachel akan meliris buku kumpulan puisi bertajuk Andai Kita yang akan di luncurkan di Toko Buku Gramedia pada 31 Juli 2017 nanti.

BAGIKAN
Berita berikutnyaIkan Sapu-sapu di Sungai Penuh Sampah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here